Polri Pastikan Tersangka Pembunuh Calista Diproses Seadil-Adilnya

Ada kabar kasus dihentikan.

Jakarta, IDN Times- Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menegaskan bahwa proses hukum terhadap Ibu Sinta, pelaku tindak kekerasan terhadap bayi Calista hingga menyebabkan kematian, tetap berjalan.

"Saya ingin klarifikasi kasus di Karawang, bayi Calista. Saya sudah cek ke Kapolres, karena saya mendengar ada wartawan bertanya ini kasus sudah dihentikan. Jadi saya nyatakan kasus tetap berjalan," katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/3).

1. Polri pertimbangkan langkah restoratif justice

Polri Pastikan Tersangka Pembunuh Calista Diproses Seadil-Adilnya Instagram/@humasreskrw

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, dalam proses hukumnya, pihak kepolisian akan mempertimbangkan langkah restoratif justice.

"Kami ada diskresi dan restoratif justice. Restoratif justice itu kami mengambil langkah penyelesaian di luar pengadilan. Kalau diskresi, kita bisa memutuskan kepentingan yang lebih besar," papar polisi berpangkat bintang dua itu.

2. Pertimbangan terhadap anak Ibu Santi yang berusia enam tahun

Polri Pastikan Tersangka Pembunuh Calista Diproses Seadil-Adilnya Instagram/@humasreskrw

Salah satu pertimbangan penegak hukum untuk menempuh langkah restoratif adalah anak berusi enam tahun yang masih butuh pendampingan dari sang ibu.

"Penegakan hukum, supremasi hukum jelas harus dijunjung tinggi, tapi keadilan di atas itu. kita gambarkan ketika kita hukum ibunya, tapi dia depresi, anaknya telantar, apa itu adil?," sambung Karopenmas Mabes Polri Brigjen M. Iqbal.

Baca juga: Penganiayaan Bayi Calista, DPR: Pelaku Harus Dihukum Seberat-beratnya

3. Ketentuan hukum akan dikoordinasikan dengan KPAI dan Komnas PA

Polri Pastikan Tersangka Pembunuh Calista Diproses Seadil-Adilnya IDN Times/Indiana Malia

Oleh karenanya, Kapolres Karawang akan terus berkoordinasi dengan Komisi Pengawasan Anak Indonesia (KPAI) dan Komnas Perlindungan Anak (PA) untuk mengkaji keputusan hukuman yang akan diberikan kepada tersangka. 

Baca juga: Tak Menemukan Bukti Penganiayaan Bayi Calista, Pacar Sinta Tak Ditahan

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya