Profil Fachrul Razi, Eks Wakil Penglima TNI Jabat Menteri Agama

Fachrul termasuk salah satu timses Jokowi sejak 2014

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo, menunjuk Ketua Tim Bravo 5, Fachrul Razi, sebagai Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. 

"Bapak Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10).

Sosok yang satu ini mungkin agak asing di telinga kita. Yuk, kenalan dulu dengan  pensiunan militer yang mengisi kursi Kementerian Agama RI ini.

1. Mantan Wakil Panglima TNI

Profil Fachrul Razi, Eks Wakil Penglima TNI Jabat Menteri AgamaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Fachrul Razi lahir di Banda Aceh pada 26 Juli 1947. Dia merupakan lulusan Akademi Militer angkatan 1970. Puncak karir militernya adalah ketika Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mengangkatnya sebagai Wakil Panglima TNI untuk masa bakti 1999-2000. Fachrul diberhentikan dari jabatan tersebut karena Gus Dur menghilangkan posisi Wakil Panglima TNI.

Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan pada 1999. Pada 1998-1999, dia menjabat sebagai Kepala Staf Umum ABRI. Jabatan pertamanya di bidang militer adalah Komandan Brigade Infantri Lintas Udara 17. Selepas pensiun dari militer, ia berkecimpung di dunia politik di bawah payung Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Saat menerima undangan dari Jokowi, Fachrul memastikan bahwa dirinya sudah mengundurkan diri dari Partai Hanura.

2. Ketua Tim Bravo 5

Profil Fachrul Razi, Eks Wakil Penglima TNI Jabat Menteri Agama(Menteri Agama Fachrul Razi) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Kedekatan Fachrul dengan Jokowi bukan lagi hal yang mengejutkan. Dia merupakan Ketua Tim Relawan Bravo 5 yang mendukung pencalonan Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019. Tim tersebut diisi oleh para purnawirawan jenderal, termasuk Luhut Binsar Pandjaitan.

Tim Bravo 5 sudah aktif sejak 2014. Setelah memenangkan Jokowi-JK, Tim Bravo 5 sempat dibekukan hingga diaktifkan kembali untuk memenangkan Jokowi di periode keduanya. Tim ini menjadi andalan Jokowi untuk mendulang suara di daerah Jawa Barat.

Selepas kemenangan Jokowi, Fachrul bahkan mengusulkan Tim Bravo 5 sebagai organisasi masyarakat (ormas) guna mewadahi pensiunan jenderal mendukung program kerja Jokowi.

3. Sempat bersitegang dengan Prabowo

Profil Fachrul Razi, Eks Wakil Penglima TNI Jabat Menteri AgamaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Fachrul tercatat beberapa kali pernah bersitegang dengan Prabowo Subianto. Dalam salah satu sesi kampanye, Prabowo sempat menyinggung kehidupan para pensiunan jenderal yang bergelimang harta. Menanggapi pernyataan tersebut, Dewan Komisaris BUMN Antam itu memastikan bila harta yang dia dapat adalah hasil kerja kerasnya aktif di sejumlah perusahaan.

Kemudian, ketika menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Kehormatan Perwira (DKP), Fachrul sempat merekomendasikan pemberhentian Prabowo dari militer atas sejumlah kasus penculikan di masa Orde Baru.

Saat ditanya awak media mengenai hubungannya dengan Prabowo, terlebih bila mereka berada dalam satu kabinet, Fachrul mengaku tidak keberatan dan tidak memiliki permasalahan pribadi.

"Saya dengan Pak Prabowo biasa-biasa saja. Kalau ketemu pelukan, makan sama-sama, gak ada yang aneh. Memang masalah kedinasan, pribadi tak terganggu,” tambah dia di Istana.

Baca Juga: [BREAKING] Sejarah Baru! Kementerian Agama Dipimpin Eks Militer

Topik:

  • Rochmanudin
  • Vanny El Rahman
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya