Resmikan Patung GWK, Jokowi: Mahakarya Bangsa Diakui Dunia

Patung tembaga terbesar dan tertinggi ke-3 di dunia.

Jakarta, IDN Times – Setelah menempuh 28 tahun pengerjaan, patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) akhirnya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Sabtu (22/9), di desa Ungasan, Kuta Selatan, Bali. Presiden Joko 'Jokowi' Widodo ikut bangga dan senang atas terciptanya sebuah mahakarya anak bangsa.

Menurutnya hal ini membuktikan bahwa Indonesia bukan hanya mewarisi karya-karya besar peradaban bangsa masa lalu seperti Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. 

“Tapi di era kekinian bangsa kita juga bisa berkarya, bisa berkreasi untuk membangun sebuah peradaban, untuk melahirkan mahakarya yang baru, yang juga mengagumkan kita semua, yang juga diakui dan dikagumi dunia,” ujar Jokowi seperti dilansir laman Setkab.go.id.

1. Menjadi patung tertinggi ke-3 di dunia.

Resmikan Patung GWK, Jokowi: Mahakarya Bangsa Diakui Dunia(Peresmian Patung Garuda Wisnu Kencana) ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Patung GWK memiliki tinggi 121 meter atau 271 meter di atas permukaan air laut dan dibangun di atas tanah seluas 60 hektare ini menjadi patung tembaga terbesar di dunia dan merupakan patung tertinggi ke-3 di dunia. 

2. GWK hasil karya seni budaya bangsa Indonesia

Resmikan Patung GWK, Jokowi: Mahakarya Bangsa Diakui DuniaANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Proses pembuatannya patung GWK ini pun melawati serangkaian tes yang sangat rumit, yakni seperti windnel test atau tes ketahanan angin di Australia (Windtech) dan Kanada (RDWI), cavity test atau tes rongga secara berkala, dan soil test.

Tidak hanya itu konstruksi patung ini dibuat dengan material tembaga dan kuningan. Ditopang 21.000 batang baja dengan berat total 2.000 ton dan jumlah baut sebanyak 170.000 buah.

Baca Juga: Lima Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mengunjungi GWK

3. Aspresiasi Jokowi terhadap I Nyoman Nuarta

Resmikan Patung GWK, Jokowi: Mahakarya Bangsa Diakui DuniaANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Gagasan pertama pembangunan GWK bermula dari gagasan I Nyoman Nuarta, oleh karenanya Jokowi memberikan aspresiasinya atas gagasan yang benar, keberanian serta ikhitiarnya. Tak hanya itu ia juga mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang telah bekerja keras atas penyelesaian patung ini.

“Tentu gagasan besar ini juga ditopang oleh banyak pihak, dukungan pemerintah dan rakyat Bali, maupun pihak swasta yang ingin mimpi besar para seniman ini terwujud,” jelasnya.

Baca Juga: Setelah Menanti 28 Tahun, Ini 10 Potret Kemegahan Patung GWK di Bali

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya