35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli, Terlengkap

Menurut para ahli dari dalam dan luar negeri

Istilah negara sering dipakai untuk menyebutkan suatu wilayah kekuasaan yang ditinggali sekelompok orang. Selain itu, dalam suatu negara juga terdapat pihak yang mengatur atau yang dikenal dengan pemerintah.

Konsep negara biasanya dikenalkan sejak kita duduk di bangku SD dan SMP, yakni pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Negara sebenarnya memiliki banyak pengertian. Banyak ahli yang memiliki definisi masing-masing terkait konsep negara.

Berikut IDN Times rangkum beragam pengertian negara menurut para ahli dari dalam dan luar negeri. Simak, yuk!

1. Pengertian negara secara umum

35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli, Terlengkapunsplash.com/Greg Rosenke

Sebelum mempelajari pengertian negara menurut para ahli, ada baiknya untuk memahami pengertian negara secara umum. Secara umum, negara bisa diartikan sebagai suatu wilayah di permukaan bumi yang secara politik, ekonomi, sosial, budaya, dan militer dikuasai oleh suatu pemerintahan.

Di dalam negara juga terdapat sistem atau aturan yang berlaku untuk setiap orang di wilayah tersebut. Suatu wilayah bisa disebut negara jika di dalamnya ada rakyat atau penduduk, wilayah, pemerintahan, dan kedaulatan. Selain itu, persyaratan sekunder lainnya adalah sudah mendapatkan pengakuan dari negara lain.

2. Pengertian negara menurut para ahli dari luar negeri

35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli, Terlengkapilustrasi Negara Amerika Serikat (pexels.com/Luis Davan)

Berikut macam-macam pengertian negara menurut para ahli dari luar negeri:

1. Hugo de Groot

Menurut Hugo de Groot, negara adalah ikatan manusia yang inshaf akan arti dan panggilan hukum kodrat.

2. Kranenburg

Menurut Kranenburg, negara merupakan suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia atau orang.

3. W. L. G. Lemaire

Menurut Lemaire, negara merupakan suatu masyarakat manusia teritorial yang diorganisasi.

4. R. M. Maclver

Menurut Maclver, negara merupakan asosiasi yang menyelenggarakan ketertiban di dalam suatu masyarakat dalam suatu wilayah berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah dan memiliki kekuasaan untuk memaksa.

5. Benedictus de Spinoza

Pengertian negara menurut Benedictus de Spinoza adalah susunan masyarakat yang kesatuan antara semua golongan dan bagian dari seluruh anggota masyarakat (persatuan masyarakat organis).

6. Harold J. Laski

Menurut Laski, negara ialah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan secara sah lebih agung daripada kelompok atau individu yang merupakan bagian dari masyarakat.

7. Karl Marx

Pengertian negara menurut Karl Marx adalah alat kelas yang berkuasa untuk menindas dan mengeksploitasi kelas yang lainnya.

8. Georg Jellinek

Menurut Jellinek, negara adalah organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah berdiam di suatu wilayah tertentu.

9. Georg Wilhem Friedrich Hegel

Menurut Hegel, negara adalah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis antara kemerdekaan individu dengan kemerdekaan universal.

10. Roelof Krannenburg

Pengertian negara menurut Roelof Krannenburg adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

11. Roger F. Soltau

Menurut Soltau, negara merupakan alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

12. J. J. Rousseau

Menurut J. J. Rousseau, negara adalah yang memelihara kemerdekaan individu dan menjaga ketertiban kehidupan manusia.

13. Van Apeldoorn

Menurut Van Apeldoorn, negara merupakan suatu wilayah tertentu yang di dalamnya terdapat suatu bangsa di bawah kekuasaan tertinggi.

14. Max Weber

Pengertian negara menurut Max Weber adalah suatu masyarakat yang memonopoli penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah tertentu.

15. Logeman

Menurut Logeman, negara ialah suatu organisasi kemasyarakatan yang dengan kekuasaannya bertujuan mengatur serta menyelanggarakan tata masyarakat.

16. Bellefroid

Menurut Bellefroid, negara merupakan suatu persekutuan hukum yang menempati suatu wilayah untuk selama-lamanya dan dilengkapi dengan suatu kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya.

17. Leon Duguit

Menurut Leon Duguit, negara merupakan dominasi sejumlah elite penguasa terhadap rakyat melalui penegakan hukum.

18. Kranwer

Menurut Kranwer, negara merupakan suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya, baik militer, ekonomi, politik, sosial maupun budaya diatur oleh pemerintah yang berada di wilayah negara tersebut.

19. Aristoteles

Pengertian negara menurut Aristoteles adalah perpaduan beberapa keluarga mencakupi beberapa desa, hingga akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama.

20. Plato

Pengertian negara menurut Plato adalah suatu organisasi kekuasaan manusia dan merupakan sarana untuk tercapainya tujuan bersama.

21. Ibnu Khaldun

Menurut Ibnu Khaldun, negara merupakan masyarakat yang memiliki kewibawaan dan kekuasaan.

22. Jean Bodin

Menurut Jean Bodin, negara merupakan sejumlah keluarga dengan seluruh harta bendanya yang dipimpin oleh akal dari satu kuasa yang berdaulat.

23. Mac Iver

Mac Iver mendefinisikan negara sebagai suatu penarikan yang bertindak melalui hukum yang direalisasikan oleh pemerintah dan dilengkapi dengan sebuah kekuasaan untuk memaksa dalam kehidupan yang dibatasi secara letak (teritorial), serta mempertegak syarat-syarat lahir yang umum dari ketertiban sosial.

24. Hans Kelsen

Menurut Kelsen, negara adalah suatu susunan pergaulan yang hidup bersama atau suatu tata paksa.

25. Sousseau dan John Locke

Sousseau dan John Locke mengartikan negara sebagai suatu organisasi atau institusi yang merupakan hasil dari perjanjian masyarakat.

Baca Juga: 10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 1

3. Pengertian negara menurut para ahli dari dalam negeri

35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli, Terlengkapilustrasi negara maju (unsplash.com/@zhuzhutrain)

Sedangkan beberapa ahli dari Indonesia juga mendefinisikan konsep negara sesuai pemikiran mereka masing-masing. Berikut macam-macam pengertian negara menurut para ahli dari dalam negeri:

1. M. Nasroen

Pengertian negara menurut M. Nasroen adalah suatu bentuk pergaulan hidup dan realisasi ide negara yang muncul dari suatu kemauan umum.

2. R. Djokosutono

Djokosutono mendefinisikan negara sebagai suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

3. Miriam Budiardjo

Pengertian negara menurut Miriam Budiardjo adalah organisasi di dalam suatu wilayah yang dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu.

4. Soenarko

Menurut Soenarko, negara adalah organisasi masyarakat di wilayah tertentu dengan kekuasaan yang berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan.

5. G. Pringgodigdo

Menurut Pringgodigdo, negara merupakan suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu, yaitu harus memiliki pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu, dan rakyat yang hidup teratur sehingga menjadi suatu bangsa.

6. Wiryono Prodjodikoro

Pengertian negara menurut Wiryono Prodjodikoro adalah suatu organisasi di antara kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia.

7. M. Solly Lubis

Menurut M. Solly Lubis, negara merupakan suatu bentuk pergaulan hidup manusia yang merupakan suatu komunitas dengan syarat-syarat tertentu, seperti memiliki wilayah, rakyat dan pemerintahan.

8. Oeripan Notohamidjojo

Notohamidjojo mendefinisikan negara sebagai suatu organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya.

9. Djokosoetono

Menurut Djokosoetono, negara merupakan suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di suatu pemerintahan yang sama.

10. Farid S.

Menurut Farid S., negara merupakan sebuah wilayah merdeka yang sudah mendapatkan pengakuan dari negara lain serta memiliki sebuah kedaulatan.

Demikianlah macam-macam pengertian negara menurut para ahli dari Indonesia maupun luar negeri. Meski memiliki pengertian yang berbeda-beda, konsep tentang negara memiliki satu kesamaan, yaitu sekumpulan orang yang tinggal di suatu wilayah yang merdeka dan berada di dalam suatu pemerintahan.

Baca Juga: 5 Negara Terkaya di Asia Tenggara, Indonesia Urutan Berapa?

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya