Survei Buktikan, Arek Suroboyo Lebih Senang Kerja di Surabaya daripada Merantau

Survei ini menunjukkan optimisme warga Surabaya dengan kotanya

Berdasarkan Surabaya City Survey yang dilakukan Karir.com, terungkap bahwa 70 persen profesional Surabaya lebih memilih tinggal dan bekerja di Kota Pahlawan ini daripada merantau ke kota lain. Dari 3.755 responden, 40,02 persen beralasan untuk dapat tetap dekat dengan keluarga, sementara 38,28 persen responden tidak ingin melewatkan luasnya peluang karir dan bisnis di Surabaya.

Lebih jauh, 19,38 persen mengatakan sudah sangat mapan dan nyaman tinggal di Ibukota Jawa Timur ini, lalu sebanyak 8,49 persen responden bertahan di Surabaya untuk menikmati biaya hidup yang rendah.

Survei Buktikan, Arek Suroboyo Lebih Senang Kerja di Surabaya daripada MerantauSumber Gambar: idntimes.com

Temuan di atas diungkapkan dalam acara peresmian kantor cabang Karir.com di gedung SCTV Surabaya, Rabu (27/4). Karir.com adalah portal karir pertama dan solusi total rekrutmen terkemuka di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, seorang responden yang beruntung juga menerima hadiah dari Karir.com.

Survei Buktikan, Arek Suroboyo Lebih Senang Kerja di Surabaya daripada MerantauSumber Gambar: karir.com

“Pembukaan kantor cabang Karir.com di Surabaya menunjukkan komitmen kami dalam mengembangkan kapasitas dan kualitas para pekerja profesional Surabaya secara optimal, termasuk mendorong daya saing mereka di tengah kompetisi Masyarakat Ekonomi ASEAN” tegas CEO Karir.com, Dino Martin.

Survei Buktikan, Arek Suroboyo Lebih Senang Kerja di Surabaya daripada MerantauSumber Gambar: karir.com

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memungkinkan terjadinya perdagangan bebas hambatan yang dapat berdampak signifikan pada peningkatan ekspor, kesempatan untuk masuknya investor asing dan akses terhadap pasar global.

Optimalisasi potensi pasar tenaga kerja yang didukung dengan perkembangan beragam industri lokal menjadi agenda utama kiprah Karir.com di Surabaya. Dino menutup, “Melalui kehadiran Karir.com di Surabaya ini, kami berharap tenaga kerja lokal Surabaya dapat mengembangkan keahlian, karir dan kiprahnya lebih jauh secara profesional, tidak kalah dengan tenaga kerja asing lainnya.”

Survei Buktikan, Arek Suroboyo Lebih Senang Kerja di Surabaya daripada MerantauSumber Gambar: karir.com

Dalam presentasi temuan-temuan survei tersebut, Karir.com menegaskan dirinya bukan hanya situs pencarian kerja tapi juga tempat untuk mengembangkan kemampuan diri. Hal tersebut terlihat dari EFSET, sebuah tes kemampuan bahasa Inggris hasil kerja sama dengan English First UK. Selain itu, Karir.com sering menyambangi kampus-kampus top Indonesia untuk menemukan mahasiswa potensial yang siap kerja melalui program MT Academy.

Last but not least, Karir.com juga memiliki fitur Salary Benchmark, yakni sebuah platform untuk mengetahui apakah gaji kamu sudah sesuai, di atas rata-rata atau malah di bawah standar.

Topik:

Berita Terkini Lainnya