Anies-Ganjar Tuai Respons Positif di Twitter, Prabowo Negatif

Tren percakapan Anies paling tinggi dibahas

Jakarta, IDN Times - Founder Drone Emprit and Media Kernel Indonesia, Ismail Fahmi merilis pantauan mengenai tiga calon presiden (capres) di Twitter yang berlangsung pada semalam, Minggu (7/2/2024).

Adapun analisis itu dilakukan pada awal hingga berakhirnya debat, pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Baca Juga: CEK FAKTA: Anies Sebut Separuh Anggota TNI Gak Punya Rumah Dinas

1. Analisis sentimen: Anies dan Ganjar positif, Prabowo negatif

Anies-Ganjar Tuai Respons Positif di Twitter, Prabowo NegatifSuasana debat ketiga KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Fahmi menjelaskan, dari analisis setimen debat pilpres ketiga itu, capres nomor urut satu dan tiga, yakni Anies Baswedan serta Ganjar Pranowo cenderung mendapat respons positif.

"Sedangkan Prabowo mendapat respons yang lebih negatif dari netizen," kata dia dalam keterangannya, dikutip Senin (8/1/2024).

Anies mendapat 76 persen sentimen positif, 14 persen negatif, dan 10 persen netral. Ganjar mendapat sentimen positif lebih rendah dengan 72 persen dan sentimen negatif 11 persen.

Sementara, Prabowo punya sentimen positif hanya 40 persen. Sentimen negatifnya lebih tinggi dengan 54 persen, dan netral cuma 6 persen.

2. Tren percakapan di Twitter, Anies alami kenaikan paling tinggi

Anies-Ganjar Tuai Respons Positif di Twitter, Prabowo NegatifMedia sosial Twitter. (Pixabay.com/PhotoMIX-Company)

Dalam setiap sesi debat, tampak tren Anies mengalami kenaikan volume percakapan yang paling tinggi.

Hal itu disebabkan, mulai dari sesi pertama, Anies yang langsung ngegas, dan dilanjutkan dengan serangan dan pernyataan yang tajam khususnya ke Prabowo pada sesi-sesi berikutnya.

"Ganjar dan Prabowo cenderung mengalami fluktuasi yang bergantian," ucap Fahmi.

Anies memiliki 1.800 sebutan di berita online dan 61.078 di Twitter, dengan total gabungan sebutan sebanyak 62.878.

Sementara, Prabowo punya 2.064 sebutan di berita online dan 40.727 di Twitter. Total gabungan itu sebanyak 42.791.

Kemudian Ganjar total gabungan sebanyak 44.674 sebutan. Dengan rincian 1.705 sebutan di berita online dan 42.969 di Twitter.

3. Sejumlah catatan yang jadi sorotan warganet di Twitter

Anies-Ganjar Tuai Respons Positif di Twitter, Prabowo NegatifIlustrasi debat calon presiden dan wakil presiden jelang pemilihan presiden (pilpres) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Fahmi menjelaskan sejumlah sentimen wraganet yang banyak jadi sorotan warganet. Dia mengatakan, ada banyak kritik terhadap kandidat, terutama Prabowo, yang dituduh tidak peka terhadap isu internasional, seperti situasi di Gaza.

Selain itu, pengguna Twitter menggunakan humor untuk menanggapi dinamika debat, dengan beberapa membuat lelucon tentang interaksi antar kandidat dan posisi mereka di podium.

Prabowo secara khusus juga mendapat sorotan terkait dengan kepemilikan lahan yang luas, yang ditafsirkan oleh beberapa netizen sebagai kontras dengan masalah ketidakadilan sosial dan kebutuhan pertahanan.

Sedangkan Ganjar terkadang dipandang sebagai figur yang lebih netral atau kurang dominan dalam debat, dengan beberapa cuitan yang menyindirnya karena sikapnya yang dianggap pasif.

"Anies menerima tanggapan campuran, dengan beberapa netizen menunjukkan dukungan dan yang lainnya menyampaikan kritik. Beberapa tweet menyoroti kritik Anies terhadap Prabowo dan juga penampilannya dalam debat," imbuh Fahmi.

Baca Juga: Sentil Anies soal Utang Luar Negeri, Airlangga: Belum Baca UU

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya