Bahas Insentif Komitmen Energi Hijau, Gibran Beri Contoh PLTS Cirata

Dia akan terus meningkatkan bauran listrik PLN

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menanggapi pernyataan dari cawapres lainnya dalam debat soal insentif komitmen terhadap energi hijau.

Dia lantas memberikan contoh terkait pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Waduk Cirata.

"Untuk masalah insentif komitmen. Ini bisa kita kasih contoh yang sudah berjalan saja. Contohnya, pembangkit listrik tenaga surya yang ada di Cirata, itu kan kerja sama dengan Masdar dari Uni Emirates Arab. Itu kan juga ada intensifnya," kata dia dalam debat keempat Capres-Cawapres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

"Sehingga akan mendorong perusahaan untuk berinvestasi di bidang transisi energi hijau," sambungnya.

Wali Kota Solo itu tak memungkiri komitmen terhadap transisi energi hijau tidak murah. Namun dia memastikan akan terus meningkatkan bauran listrik PLN.

"Ini memang harganya tidak murah, tapi yang jelas adalah komitmen kita pasti akan meningkatkan bauran listrik PLN yang sekarang 20 persen ini harus ditingkatkan lagi ke depan," ujar Gibran.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Gibran Dorong Transisi Energi Hijau: Tidak Boleh Ketergantungan Energi

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya