Banyak DPW Nasdem Usulkan Anies Jadi Capres, Surya Paloh: Belum Tentu

"Karena pada dasarnya pembobotan yang dicalonkan itu sama."

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh, mengatakan dirinya tidak tahu saat ditanya isu pertemuan Jokowi dengan para ketum parpol.

Surya Paloh mengatakan belum mendengar kabar yang beredar bahwa istana sepakat dengan ketum parpol soal capres yang diusung harus dari kader masing-masing.

"Saya belum dengar itu dan belum ada pembicaran ke arah itu. Kalau ada pasti saya bilang ada. Tapi kalau ada, bilang gak ada wah bahaya," ujar Surya Paloh kepada wartawan usai menghadiri seminar di Hotel Sultan, Jakarta pada Kamis (16/6/2022).

1. Banyaknya DPW NasDem yang usung capres tak jadi jaminan terpilih

Banyak DPW Nasdem Usulkan Anies Jadi Capres, Surya Paloh: Belum TentuRakernas Partai Nasdem pada Kamis (16/6/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Surya Paloh menjelaskan, tokoh yang banyak dipilih oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem saat rapat kerja nasional (rakernas) tak menjadi jaminan bakal terpilih. Menurut dia yang menjadi pertimbangan dasar ialah beberapa aspek tertentu, bukan banyaknya pemilih DPW.

"Belum tentu, karena pada dasarnya pembobotan yang dicalonkan itu sama, siapa pun itu," kata dia.

Baca Juga: Diusulkan Jadi Capres NasDem, Ganjar: Saya PDI Perjuangan

2. Sebanyak 32 dari 34 DPW usulkan Anies diusung jadi capres

Banyak DPW Nasdem Usulkan Anies Jadi Capres, Surya Paloh: Belum TentuIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi yang paling banyak dipilih untuk diusung jadi calon presiden dalam Rapat Kerja Nasional Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang berlangsung hari ini, Kamis (16/6/2022).

Keluarnya nama Anies sebagai capres yang paling banyak dipilih dibacakan langsung oleh seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem yang berasal dari 34 provinsi.

Diketahui, setiap DPW NasDem berhak mengusulkan 3-5 nama yang dirasa cocok menjadi capres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Berdasarkan hasil rakernas hari ini, sosok yang paling banyak diusulkan oleh DPW NasDem ialah Anies Baswedan. Berdasarkan pantauan di lokasi, sekitar 32 dari 34 DPW mengusulkan Anies diusung jadi capres.

3. NasDem tak berpatok pada hasil survei

Banyak DPW Nasdem Usulkan Anies Jadi Capres, Surya Paloh: Belum TentuSuasana Rakernas Partai Nasdem di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Surya Paloh sempat menegaskan dalam menentukan calon presiden (capres) yang diusung, partainya tidak berpatokan pada hasil survei elektabilitas.

"Partai NasDem tidak selalu 'membebek' pada hasil-hasil survei dalam menentukan capresnya," ujar Surya Paloh dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di JCC, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Keceplosan, DPW NasDem Sebut Nama Capres Sudah di Kantong Surya Paloh

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya