Berkunjung ke Sorong, Zulhas Puji Muhammadiyah Rawat Pluraslisme

Zulhas ingatkan generasi muda agar tahan banting

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, melakukan  kunjungan kerja ke Kota Sorong, Papua Barat Daya. Dalam kesempatan itu, dia menyempatkan diri berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Sorong. Setibanya di kampus, pria yang akrab disapa Zulhas ini disambut langsung Rektor Universitas Muhammadiyah Sorong serta mahasiswa.

Dalam kunjungan itu, Zulhas mengaku kagum dengan Muhammadiyah yang konsisten berjuang dengan nilai-nilai jalan tengah. Menurut dia, hal itu tercermin dari yang dilakukan Muhammadiyah, baik melalui lembaga pendidikan maupun kesehatan.

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah, Jokowi: Indonesia Bisa Jadi Titik Terang Dunia

1. Zulhas puji nilai pluralisme Muhammadiyah

Berkunjung ke Sorong, Zulhas Puji Muhammadiyah Rawat PluraslismeIlustrasi Logo Muhammadiyah. (muhammadiyah.or.id)

Menurut Zulhas, sekolah ataupun Universitas Muhammadiyah selalu merawat pulralisme dengan tidak pernah pilih-pilih siswa berdasarkan latar belakang suku ataupun agama. Bahkan selama ini dia tidak pernah dengar kabar ada pelajar ataupun mahasiswa non-muslim yang ditolak di Muhammadiyah.

“Universitas Muhammadiyah Sorong ini contoh nyata bahwa Muhammadiyah konsisten di jalan tengah. Tidak pernah ada cerita Muhammadiyah pilih-pilih siswa karena non muslim, karena suku, apalagi karena warna kulit. Siapa saja yang mau belajar di Universitas Muhammadiyah boleh, selama memenuhi aturan yang berlaku,” kata Zulhas saat berdialog bersama Mahasiswa dan Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Sorong, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga: Muhammadiyah Senang Jokowi Percayakan Masa Depan RI ke Anak Muda

2. Zulhas imbau generasi muda agar tangguh hadapi berbagai masalah

Berkunjung ke Sorong, Zulhas Puji Muhammadiyah Rawat Pluraslismeilustrasi milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Oleh sebab itu, Zulhas juga memuji  Universitas Muhammadiyah Sorong adalah salah satu universitas terbaik di Papua Barat Daya, karena mencerminkan semangat keberagaman bangsa Indonesia. Ketua Umum PAN itu juga memotivasi kepada mahasiswa supaya terus memiliki daya juang, tangguh, serta visi ke depan.

Dia meyakini, jika pendidikan di Sorong maju, maka masa depan Sorong, bahkan Indonesia ke depan juga akan cerah.

“Ini sudah bisa belajar di Universitas yang bagus, untuk itu harus dimanfaatkan, harus punya saya juang, harus tangguh dan punya visi. Mereka yang punya visi hari-harinya pasti produktif,” ujar dia.

“Masa depan Papua Barat Daya dan bahkan Papua pada umumnya ada di tangan generasi mendatang, pintar saja tidak cukup, kita juga harus punya mental petarung,” sambung Zulhas.

Baca Juga: NU dan Muhammadiyah Perlu Dilibatkan dalam Deradikalisasi

3. Zulhas ingatkan hukum Tuhan

Berkunjung ke Sorong, Zulhas Puji Muhammadiyah Rawat PluraslismeKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Zulhas menuturkan, nilai-nilai yang dijaga Muhammadiyah ini juga berkaitan dengan hukum Tuhan yang menurutnya pasti, yakni siapa yang belajar bersungguh-sungguh dan bekerja keras maka ia akan suskes.

“Jangan lupa, hukum Tuhan itu pasti, siapa yang belajar tekun, bekerja keras, bekerja cerdas, dan rajin, maka Ia akan memenangkan pertarungan, tentu juga harus diikuti dengan doa kepada yang maha kuasa,” imbuh dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya