Daftar Nama Ahli-Saksi KPU dan Bawaslu di Sidang MK

KPU hadirkan dua ahli dan satu saksi

Jakarta, IDN Times - Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang lanjutan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 pada hari ini, Rabu (3/4/2024).

Sesuai jadwal, agenda sidang tersebut untuk mendengarkan keterangan dari Bawaslu sebagai pemberi keterangan dan KPU sebagai pihak termohon.

Dalam sidang tersebut, KPU menghadirkan dua saksi dan satu ahli. Saksi tersebut di antaranya Pengembang Sirekap dari ITB, Yudistira Dwi Wardhana Asnar dan Pusdatin KPU, Andre Putra Hermawan. Sementara ahli yang dihadirkan, Guru Besar Ilmu Komputer Indonesia, Marsudi Wahyu Kisworo.

Marsudi tercatat pernah dihadirkan sebagai ahli pada sidang sengketa PHPU Pilpres 2019 lalu. Profesor IT pertama di Indonesia itu sempat menjelaskan mengenai penggunaan Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng). Pada Pilpres 2024, Situng tak lagi digunakan karena diganti dengan Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (Sirekap).

Berbeda dari KPU, Bawaslu membawa jumlah saksi lebih banyak. Total, ada tujuh saksi dan satu ahli.

Adapun ahli dari Bawaslu adalah Muhammad Alhamid yang merupakan Guru Besar Fakultas Ilmu Politik dan Sosial Universitas Hassanudin sekaligus Ketua Bawaslu RI Periode 2012-2017. Lalu, saksi yang diundang hadir yaitu Iji Jaelani, Hari Dermanto, Nur Kholiq, Sakhroji, Zacky M Zamzam, Umi Illiyina, Badrul Munir.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: PDIP Gugat KPU ke PTUN, Sebut Pendaftaran Prabowo-Gibran Cacat Hukum

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya