Demo Tolak Kenaikan BBM, Buruh Bawa Foto Puan Maharani Nangis

Buruh menolak keras kenaikan harga BBM

Jakarta, IDN Times - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bersama aliansi buruh lainnya menggelar aksi unjuk di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (6/9/2022).

Dalam aksi tersebut, buruh menolak keras kebijakan pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium, Pertalite, dan Solar.

Baca Juga: Harga BBM Melonjak Picu Kenaikan Inflasi, 4 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan

1. Foto Puan menangis dibawa salah satu peserta aksi

Demo Tolak Kenaikan BBM, Buruh Bawa Foto Puan Maharani NangisDemo buruh tolak kenaikan harga BBM di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Terlihat salah satu peserta aksi membawa sebuah foto yang memperlihatkan wajah Ketua DPR RI, Puan Maharani sedang menangis.

Foto tersebut belakangan viral di media sosial seiring kenaikan harga BBM. Foto itu merupakan momen ketika Puan yang saat itu masih menjabat sebagai anggota Fraksi PDIP, menangis dalam ruang paripurna DPR RI karena memprotes kenaikan harga BBM.

Momen Puan menangis itu terjadi saat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahun 2008 silam. Potret tersebut kembali viral sebagai bentuk sindiran kepada pemerintah karena saat ini Puan tidak protes terhadap kenaikan harga BBM.

"Bahwa DPR, termasuk Ketua DPR saat ini, apakah mereka sadar pernah menangis (gara-gara BBM naik)? Sekarang BBM naik lagi, saya ingin tahu sekarang dia menangis atau malah ketawa, saya ingin mengingatkan!" ujar Riki, peserta aksi yang membawa foto Puan menangis saat ditemui di lokasi, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: Demo Buruh Tolak Harga BBM Naik, Jokowi Tak Terjadwal Temui Massa

2. Buruh padati gedung DPR RI

Demo Tolak Kenaikan BBM, Buruh Bawa Foto Puan Maharani NangisDemo buruh tolak kenaikan harga BBM di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pantauan IDN Times di lokasi, massa mulai berdatangan sekitar pukul 10.30 WIB. Mereka berkumpul di depan Kantor TVRI, Jalan Gerbang Pemuda untuk kemudian melakukan long march ke depan pintu gerbang DPR RI.

Terlihat pula mereka membawa bendera bertuliskan aliansi masing-masing. Di antaranya FSPMI, KSPI, Partai Buruh, dan federasi lainnya. Aksi buruh tersebut membuat jalan di sekitar gedung DPR tersendat.

Baca Juga: Harga BBM Segera Naik, Pengusaha: Puan Kok Gak Nangis? 

3. Puluhan ribu buruh gelar aksi serentak di 34 provinsi

Demo Tolak Kenaikan BBM, Buruh Bawa Foto Puan Maharani NangisDemo buruh tolak kenaikan harga BBM di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan, aksi puluhan ribu buruh itu digelar serentak di seluruh provinsi di Indonesia, Selasa (6/9/2022). Demo itu terkait penolakan kenaikan harga BBM bersubsidi.

Iqbal mengatakan, aksi serentak 34 provinsi tersebut bakal dihadiri puluhan ribu buruh yang tergabung dalam berbagai aliansi. Pusat aksi berada di depan gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat.

"Aksi di Jabodetabek sekitar 3 ribu sampai 5 ribu orang dan akan dilakukan di depan gedung DPR RI pada 6 September dan secara serentak 33 provinsi lainnya. Totalnya puluhan ribu buruh akan dilakukan di kantor-kantor gubernur seluruh Indonesia, mendesak kepada gubernur untuk mengirim surat ke pemerintah pusat dan DPR RI mengembalikan harga BBM ke harga sebelum kenaikan," ujar Iqbal dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: Harga BBM Resmi Naik, Presiden KSPI: Demo Besar 6 September 2022

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya