Dipuji Megawati di Rakernas, Puan: Bukan Sinyal untuk Nyapres di 2024

Keputusan capres PDIP merupakan hak prerogatif Ketum

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, menyangkal pujian dari Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri kepada dirinya di rakernas sebagai sinyal untuk mencalonkan diri pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Diketahui, Megawati sempat memberikan pujian kepada Puan saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang digelar di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022). 

"Bukan ya, itu bukan sinyal," kata Puan usai menghadiri acara rakernas, Selasa (21/6/2022) malam.

1. Puan akui belum ada pembicaraan terkait penunjukan dirinya sebagai capres

Dipuji Megawati di Rakernas, Puan: Bukan Sinyal untuk Nyapres di 2024Puan Maharani (IDN Times/Yosafat Diva)

Ketika ditanya soal kesiapan maju sebagai capres, Puan hanya menjawab bahwa PDIP sampai saat ini belum ada pembicaraan ke arah sana.

Sebagaimana yang diungkap Megawati dalam sambutan rakernas, penunjukan capres merupakan hak prerogatif Ketum PDIP.

"Sampai saat ini belum ada pembicaraan siapa yang akan diusung (capres). Sebagaimana pada amanat kongres, Ketua Umum PDIP mempunyai hak prerogatif untuk menentukan siapa capres dari PDI Perjuangan," ujar Puan.

Baca Juga: PDIP Tak Yakin Maju Sendirian di 2024, Koalisi Baru Segera Dibentuk?

2. Puan dipuji Megawati di rakernas PDIP

Dipuji Megawati di Rakernas, Puan: Bukan Sinyal untuk Nyapres di 2024Presiden Jokowi tiba di acara rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Sebelumnya, Megawati memberikan pujian kepada Puan lantaran berhasil menjadi Ketua Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali pada Maret lalu.

Menurut Megawati, mejadi Ketua IPU sangatlah susah. Bahkan lebih sulit ketimbang mengatur pemerintahan.

"Mbak Puan waktu IPU itu susah lho, lebih susah ngaturnya daripada kalau dengan pemerintahan. Ini (pujian), bukan karena Mbak Puan anak saya, gak, susah lho dia bisa jadi Ketua IPU," ujar Megawati.

3. Rakernas PDIP akan bahas capres dan cawapres

Dipuji Megawati di Rakernas, Puan: Bukan Sinyal untuk Nyapres di 2024Presiden Jokowi tiba di acara rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Sementara, Puan sempat memastikan PDIP akan segera membahas nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bakal diusung pada Pemilu 2024.

Daftar nama-nama capres akan menjadi salah satu agenda pembahasan dalam Rapat Kerja Nasional (rakernas) PDIP yang dilaksanakan mulai Selasa-Kamis (21-23/6/2022). 

Puan memastikan, sebagai partai pemegang kursi terbanyak di parlemen, nama yang bakal diusung di 2024 menjadi agenda penting untuk dibahas.

"Partai yang saat ini punya kursi cukup, pastinya akan bicara juga terkait dengan masalah-masalah penting untuk bangsa dan negara. Salah satunya ya nama-nama, mungkin calon-calon yang dianggap punya potensi untuk maju di 2024," kata dia.

Baca Juga: PDIP soal Puan Didoakan Jadi Presiden: Amin Dong, Masa Bilang Tidak

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya