Elite PKS Sindir NasDem Usung Anies Jadi Capres 2024

Mardani heran NasDem tak dukung Anies di Pilgub DKI

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS), Mardani Ali Sera, melontarkan kritikan kepada partai politik (parpol) yang mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Diketahui, partai yang sudah menyatakan mendorong Anies menjadi capres ialah Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Hal tersebut diungkap langsung Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, dalam rapat kerja nasional (rakernas) di JCC, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Juni 2022.

Baca Juga: Mardani Ungkap Alasan PKS Belum Pinang Anies Jadi Capres Pilpres 2024

1. Mardani sindir sikap NasDem yang mengusung Anies

Elite PKS Sindir NasDem Usung Anies Jadi Capres 2024Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Terkait dukungan tersebut, Mardani menilai, PKS tidak ingin terburu-buru mengusung sosok yang akan didukung jadi capres.

Dia pun menyindir NasDem yang selama ini tidak pernah mendukung Anies. Namun, jelang Pemilu 2024 justru menyodorkan nama mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu untuk diusung jadi capres 2024.

"PKS sejauh ini tidak merasa ketinggalan kereta. Ketika ada partai yang saat di Pilkada DKI tidak dukung mas Anies, kok tiba-tiba sekarang klaim menjadi capresnya. Padahal partai itu di DPRD DKI juga belum tentu dukung mas Anies, tiba-tiba kok di nasional (mengusung jadi capres)," kata Mardani dalam acara Ngopi Sore bertajuk Politik Indonesia Menuju 2024, di Kedai Sinau, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

2. NasDem dinilai dukung Anies cuma karena cari suara dukungan belaka

Elite PKS Sindir NasDem Usung Anies Jadi Capres 2024Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pimpin apel pasukan di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/6/2021). (instagram.com/aniesbaswedan)

Mardani menilai dukungan parpol lain kepada Anies sejauh ini hanya melihat potensi elektabilitas dan popularitas belaka.

Dia menyebut, PKS dalam mendukung calon pemimpin tidak hanya memikirkan kemenangan perolehan suara. Namun yang lebih penting tanggung jawab terhadap amanah yang diberikan rakyat.

"Kalau bahasa saya begini, ada mendekat kepada Islam itu pakai prinsip, tapi ada juga yang mendekat cuma ingin dapat suaranya saja. PKS tidak ingin seperti itu," ujar Mardani.

Baca Juga: Survei CiGMark: Popularitas Anies Kalahkan Kang Emil dan Ganjar

3. NasDem rekomendasikan tiga nama capres, salah satunya Anies

Elite PKS Sindir NasDem Usung Anies Jadi Capres 2024Rakernas Partai Nasdem pada Kamis (16/6/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Diketahui, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sempat mengumumkan rekomendasi tiga nama yang bakal diusung dalam kontestasi Pilpres 2024.

Tiga nama itu merupakan usulan dari 34 DPW NasDem tingkat daerah dan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di JCC, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Juni 2022.

Surya Paloh menyebutkan tiga nama yang terpilih, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dia menegaskan tidak ada satu pun kekurangan dari tiga nama tersebut. Ketiganya sama-sama memiliki kualifikasi dan kemampuan yang sama.

“Urutannya boleh 1, 2, 3 tapi itu berdasarkan urutan angka. Kualifikasinya sama, nilainya sama,” kata Surya Paloh.

Dia juga menyampaikan dari tiga nama tersebut akan dipilih satu nama untuk dicalonkan dalam pilpres 2024. Satu nama tersebut bakal diumumkan dalam waktu dekat setelah pembahasan internal Partai NasDem.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya