FPI Ancam Demo Terus Jika Timnas Israel Tetap Datang ke Indonesia 

Penolakan terhadap Timnas Israel dinilai sesuai UUD 1945

Jakarta, IDN Times - Sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam menggelar demo bertajuk Aksi 203 untuk menolak kedatangan Timnas Israel U-20 ke Indonesia. Demo berlangsung di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

Aksi tersebut dihadiri oleh Front Persaudaraan Islam (FPI), PA 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, dan sejumlah ormas lainnya.

Koordinator Aksi 203, Buya Husein memastikan, pihaknya akan ritin menggelar demo jika pemerintah tidak mengambil sikap menolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia.

"Selama tuntutan kita belum dipenuhi, kita konsisten, komitmen akan melakukan aksi terus sampai tuntutan kita dipenuhi," ucap dia kepada awak media saat ditemui di lokasi.

Menurut dia, penolakan terhadap kedatangan Timnas Israel itu sesuai dengan amanah konstitusi yang diakomodir dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang berbunyi, “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri keadilan”.

"Tuntutan kita ini sesuai dengan konstitusi yang ada di Pembukaan UUD 1945," kata Buya Husein.

Di sisi lain, dia menegaskan, bangsa Indonesia punya utang budi terhadap Palestina. Sehingga jika pemerintah memperbolehkan kedatangan Timnas Israel ke Indonesia maka sama saja dengan menyakiti perasaan rakyat Palestina.

"Palestina ini adalah negara timur tengah yang mengakui kemerdekaan indonesia saat awal-awal kemerdekaan Indonesia di mana seluruh dunia belum ada yang mengakui kemerdekaan. Itulah utang budi yang sangat besar sehingga wajar kalau kita membela Palestina. Di samping Palestina saudara muslim kita, di sana muslim dan nonmuslim ada bahwa dizalimi oleh Israel," imbuh dia.

Baca Juga: Polisi Terjunkan 1.700 Personel Kawal Demo Israel U-20 dan Mahasiswa

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya