FPI dan PA 212 Demo 411 di Istana, GNPR: Ini Bukti Cinta ke Indonesia

Massa Aksi 411 diprediksi dihadiri ribuan orang

Jakarta, IDN Times - Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Persaudaraan Islam (FPI), dan organisasi lain yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) bakal menggelar demo di Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada hari ini, Jumat (4/11/2022).

Koordinator aksi GNPR, Buya Husein menilai Aksi 411 itu sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan mereka terhadap bangsa Indonesia. Dia mengatakan penyampaian pendapat di muka umum itu merupakan keresahan rakyat terhadap kondisi pemerintah saat ini.

"Ini tanggung jawab dan cinta kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia ini sebagaimana kita ketahui telah terjadi berbagai musibah dan kezaliman. Ini menimpa seluruh anak negeri," kata Buya Husein dalam video yang dilihat, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: Gelar Demo 4 November, Puluhan Ribu Buruh Akan Geruduk Kemnaker

1. GNPR undang masyakarat untuk bergabung dalam Aksi 411

FPI dan PA 212 Demo 411 di Istana, GNPR: Ini Bukti Cinta ke IndonesiaGerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) menggelar demo tolak kenaikan harga BBM di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Husein lantas mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergabung dalam Aksi 411. Dia memprediksi massa yang hadir berkisar ribuan orang dan terdiri dari berbagai ormas.

"Saya selaku korlap Aksi 411, dengan ini mengimbau dan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, seluruh lapisan umat untuk sama-sama ayo kita hadir aksi 411," ucap dia.

Baca Juga: Tolak Swastanisasi di PLN, Buruh Siap Gelar Demo 7 November

2. Pengalihan arus lalu lintas sekitar lokasi aksi

FPI dan PA 212 Demo 411 di Istana, GNPR: Ini Bukti Cinta ke IndonesiaAparat yang menjaga demo PA 212 di Patung Kuda, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Terkait aksi penyampaian pendapat di muka umum itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana, Jakarta Pusat. 

Pengalihan arus lalu lintas dilakukan mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai. Masyarakat pengguna jalan diimbau mencari jalan alternatif.

Berikut pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara:

  • Arus lalin dari arah HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih
  • Arus lalin dari arah Kebon Sirih menuju Patung Kuda diluruskan ke arah Tugu Tani
  • Arus lalin dari Jalan Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur
  • Arus lalin dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit/Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto
  • Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu
  • Jalan Veteran I, II, III ditutup
  • Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira

Baca Juga: Gelar Demo Geruduk Istana, Menantu Rizieq Minta Jokowi Legowo Mundur

3. Demo digelar di Patung Kuda usai salat Jumat

FPI dan PA 212 Demo 411 di Istana, GNPR: Ini Bukti Cinta ke IndonesiaGerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) menggelar demo tolak kenaikan harga BBM di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Koordinator aksi GNPR, Buya Husein mengatakan, AKBAR 411 bakal digelar di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (3/4/2022).

Husein menuturkan, aksi tersebut sekaligus jadi ajang Reuni Akbar 411. Nantinya massa yang tergabung dalam GNPR bakal berkumpul di Masjid Istiqlal usai melaksanakan ibadah Salat Jumat bersama.

"InsyaAllah benar besok akan aksi lagi, dalam aksi bertajuk Aksi Bela Rakyat (AKBAR). Aksi sekaligus Reuni Akbar 4 11," ucap dia dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Kamis (3/11/2022).

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya