Gerindra: Cuma Caleg Kami Berani Pajang Foto Prabowo-Gibran

Caleg parpol lain khawatir tak terpilih

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerinda DKI Jakarta, Riza Patria menyinggung calon anggota legislatif (caleg) parpol lain yang tak berani memasang foto Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat kampanye Pileg 2024 lalu.

Riza melaporkan hal tersebut secara langsung kepada Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

"Prof Dasco kami ingin laporkan bahwa, mohon maaf ya, ini tidak bermaksud lain. Hanya caleg-caleg dari partai Gerindra, yang pasang spanduk baliho, atribut, stiker mencantumkan foto Prabowo-Gibran," kata Riza dalam acara DPD Gerindra DKI Jakarta, Kamis (9/5/2024).

1. Tak berani karena mementingkan kepentingan partai dan pribadi

Gerindra: Cuma Caleg Kami Berani Pajang Foto Prabowo-GibranAhmad Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, caleg dari parpol lain tak berani pasang foto Prabowo-Gibran karna mementingkan kepentingan partai dan pribadi.

"Kenapa banyak caleg lain tidak mencantumkan Prabowo-Gibran? karena mereka mohon maaf mementingkan kepentingan partainya, mementingkan kepentingan dirinya agar jadi," ujarnya.

Baca Juga: Gerindra Siapkan 4 Kader Maju Pilgub DKI, Ada Ponakan Prabowo

2. Khawatir tak menang

Gerindra: Cuma Caleg Kami Berani Pajang Foto Prabowo-GibranRiza Patria (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Riza menjelaskan, para caleg dari parpol lain tersebut khawatir jika memasang foto Prabowo-Gibran bisa tak lolos mendapat kursi parlemen.

Sebab, para caleg harus menjaring suara dari pemilih yang belum tentu mendukung Prabowo-Gibran.

"Jadi mereka tahu dibasis ini ada pemilih 01, di basis ini ada pemilih 03, sehingga mereka gak mau pasang 02, sementara kita semua di semua basis pasang Prabowo-Gibran. Inilah perjuangan yang luar biasa," bebernya.

3. Gerindra usulkan empat maju Pilgub DKI

Gerindra: Cuma Caleg Kami Berani Pajang Foto Prabowo-GibranIlustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan itu, Riza juga menyebut bahwa partainya mendorong empat nama untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Keempat nama berasal dari kader internal Partai Gerindra. 

Adapun dari keempat nama itu, dua di antaranya merupakan keponakan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Mereka yakni Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rahayu Saraswati dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budi Djiwandono.

Sementara dua orang lainnya merupakan petinggi DPD Gerindra DKI Jakarta, yakni Ketua DPD Gerindra Riza Patria, dan Sekretaris DPD Gerindra DKI Jakarta Rani Mauliani.

"Memang kami kemarin rapat dengan pak Muzani, Pak Dasco, diminta nama (cagub). saya bilang kita nggak usah usulin nama, tapi tetap harus usul nama," tuturnya.

"Akhirnya kita usulkan dari DKI empat nama. Pertama, Mbak Saras; kedua, Mas Budi, ketiga; Mbak Rani; keempat, saya, Riza Patria," lanjutnya.

Riza lantas meminta agar para kader Gerindra siap memenangkan siapapun nantinya Cagub dan Cawagub DKI Jakarta yang dipilih untuk maju di pilkada.

"Siapa pun nanti yang diputuskan, kita akan berjuang sepenuhnya untuk kemenangan Pilkada di DKI Jakarta," tegasnya.

Baca Juga: Rebutan Kursi DPR, Riza Patria Keok Lawan Ponakan Prabowo di DKI III

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya