Ikut Demo DPR Perppu Ciptaker, Rocky Gerung: Terbusuk di Asia Pasifik!

Rocky Gerung hadiri demo buruh dan mahasiswa di Gedung DPR

Jakarta, IDN Times - Sejumlah aliansi buruh hingga mahasiswa menggelar aksi tolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Cipta Kerja (Ciptaker) di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

Pantauan IDN Times di lokasi, terlihat Akademisi dan Pengamat Politik, Rocky Gerung mengikuti aksi demonstrasi tersebut.

Baca Juga: Demo di Gedung DPR Tolak Perppu Ciptaker, Ini 10 Tuntutannya

1. Perppu Ciptaker dinilai buruk

Ikut Demo DPR Perppu Ciptaker, Rocky Gerung: Terbusuk di Asia Pasifik!Rocky Gerung di agenda Memprediksi Kemunculan Capres Ala Pembagian Wilayah Penanganan COVID (Jawa Bali - Non Jawa Bali) pada Jumat (15/10/2021). (youtube.com/Survei KedaiKOPI)

Dalam kesempatan itu, Rocky menilai Perppu Ciptaker merupakan produk hukum yang paling busuk di Asia Pasifik.

"Itu UU (Perppu) paling busuk di Asia Pasifik itu, jadi dibuang saja," kata Rocky di depan Gedung DPR.

Baca Juga: Ribuan Demonstran Geruduk DPR Tolak Perppu Ciptaker

2. Rocky Gerung minta DPR batalkan Perppu Ciptaker

Ikut Demo DPR Perppu Ciptaker, Rocky Gerung: Terbusuk di Asia Pasifik!Demo Tolak Perppu Cipta Kerja di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Oleh sebab itu dia mendorong agar DPR RI membatalkan Perppu Ciptaker yang telah diteken Presiden Joko "Jokowi" Widodo beberapa waktu lalu.

"Karena itu kita mau batalkan," ujar Rocky.

Baca Juga: Apa Manfaat Jika Perppu Ciptaker Disahkan Jadi UU?

3. Buruh ancam mogok kerja nasional

Ikut Demo DPR Perppu Ciptaker, Rocky Gerung: Terbusuk di Asia Pasifik!Demo Tolak Perppu Cipta Kerja di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Sunarno mengatakan, aliansi buruh akan menggelar aksi mogok kerja nasional jika Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Cipta Kerja (Ciptaker) disahkan menjadi undang-undang.

"Kita akan lakukan pembangkangan sipil yaitu pemogokkan kerja nasional," kata dia.

Sunarno menuturkan, buruh akan mempersiapkan aksi mogok kerja nasional sekitar dua minggu ke depan. Nantinya jika Perppu Ciptaker dilaksanakan, jutaan buruh yang tergabung dalam aliansi akan menggelar aksi mogok kerja.

"Kalau rencana pemogokan karena kan sidang paripurna ini kan sekitar tgl 14 Maret ya, dalam diskusi kita ada dua minggu ini kita akan mempersiapkan itu. Mudah-mudahan di tanggal 14 Maret itu kita bisa laksanakan," ucap dia.

"Tapi kalau pun belum bisa harusnya sebelum puasa ini kita sudah harus melakukan itu," sambung Sunarno.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya