Keuntungan Baim Wong Jika Jadi Pemegang Merek Citayam Fashion Week

Pemegang merek akan dapat royalti dari pihak lain

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Plt Dirjen KI) Razilu mengatakan, seseorang yang menjadi pemegang merek suatu produk yang terdaftar secara legal, akan mendapat sejumlah keuntungan. 

Begitu pun jika Baim Wong menjadi pemegang merek Citayam Fashion Week yang terdaftar secara legal, ujar Razilu, maka dia akan mendapatkan banyak keuntungan. Lantas, apa saja keuntungannya? 

Baca Juga: Tak Hanya Baim Wong, Indigo Juga Daftar Citayam Fashion Week ke HAKI

1. Pemilik merek berhak eksploitasi nilai ekonomi

Keuntungan Baim Wong Jika Jadi Pemegang Merek Citayam Fashion Weekilustrasi ekonomi (IDN Times)

Razilu menjelaskan, apabila hak kekayaan intelektual (HAKI) suatu merek terdaftar secara resmi, maka pemegang hak tersebut dapat mengeksploitasi nilai ekonominya.

“Keuntungan cukup banyak, pertama perlu dipahami bahwa hak kekayaan intelektual itu, hak yang diberikan untuk pemegangnya untuk mengeksploitasi nilai ekonomi daripada hak yang dia miliki," ujar Razilu dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Selasa (26/7).

2. Mendapat royalti dari pihak lain yang ingin memakai merek

Keuntungan Baim Wong Jika Jadi Pemegang Merek Citayam Fashion WeekKonferensi Pers DJKI di Gedung Eks-Sentra Mulia terkait merek Citayam Fashion Week (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Masih kata Razilu, pemegang merek bisa mengeksploitasi merek tersebut untuk kemudian mendapatkan royalti dari pihak lain yang ingin memakai merek tersebut.

"Dia punya hak ekslusif, boleh mengeksploitasi oleh dirinya sendiri, dia bisa memberikan persetujuan kepada orang lain untuk kemudian dia dapatkan royalti, dan dia juga bisa melarang pihak lain,” kata Razilu.

Selain itu, ketenaran pemilik merek juga ikut terbangun seiring dikenalnya merek yang diklaim. Pemegang hak merek yang terdaftar itu akan mendapatkan keuntungan untuk menjadikan identitas produk dari barang dan jasa yang dia miliki.

"Dia juga menjadi identitas produk dibenak konsumen, memberikan semacam nilai tambah juga," tutur Razilu.

3. Keuntungan berupa aset tidak nyata

Keuntungan Baim Wong Jika Jadi Pemegang Merek Citayam Fashion WeekIlustrasi aset. (Dok. IDN Times)

Keuntungan lainnya yakni terkait reputasi dan aset tidak nyata. Adapun, menurut Razilu, perusahaan-perusahan di seluruh dunia memiliki aset tidak nyata namun memiliki nilai yang sangat besar sekali.

“Perusahaan-perusahaan seluruh dunia itu aset mereka adalah aset tidak nyata, enggak keliatan tapi nilainya besar sekali. Coba cari saja nilai Coca-Cola itu berapa? Nilai asetnya dan jadi pelindung hukum mereka dapatkan,” ucap Razilu.

4. Kata Baim Wong soal merek Citayam Fashion Week

Keuntungan Baim Wong Jika Jadi Pemegang Merek Citayam Fashion WeekBaim Wong saat menjelaskan tidak ingin semua masalah ini menjadi besar dan berkelanjutan. (YouTube/Baim Paula).

Sebelumnya, Baim Wong melalui perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment, diketahui mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Gegara ini, Baim Wong dihujat netizen. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun ikut bersuara dan meminta Baim Wong mencabut pendaftaran merek tersebut. Terkait hal ini, melalui akun Instagramnya seperti dikutip IDN Times, Senin (25/7/2022), Baim Wong mengakui Citayam Fashion Week bukan miliknya. 

"Citayam Fashion Week ini bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal, dan gak musiman. Dan yang paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," tulis Baim.

Dia menjelaskan, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke HAKI bertujuan untuk mengembangkan fesyen Indonesia. Terlebih, kata Baim, istrinya paham dunia fesyen.

Melalui video di akun YouTube miliknya, Baim Wong mengatakan akan melepas Citayam Fashion Week (CFW), karena tidak ingin masalah ini menjadi besar dan berkelanjutan.

"Jadi, memang kita mau melepaskan. Karena menurut saya gak mau jadi kaya seperti ini ya, dari pada berkelanjutan," kata Baim Wong.

Namun hingga Selasa siang, Razilu, memastikan Baim Wong belum menarik merek Citayam Fashion Week.

"Sampai saat ini belum mengajukan permohonan penarikan (merek Citayam Fashion Week), karena belum ada surat ke kita," kata Razilu dalam konferensi pers di kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Baim Wong Daftarkan CFW ke DJKI, Wagub DKI: Itu Kan Milik Publik

Topik:

  • Sunariyah
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya