Comscore Tracker

Janggal! Misbakhun Minta Jokowi Tak Percaya IMF soal 60 Negara Ambruk

Curiga inflasi dunia sudah direncanakan

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar, Muhammad Misbakhun meminta agar Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan semua pihak tidak mempercayai prediksi Bank Dunia dan IMF terkait data 60 negara bakal ambruk.

Misbakhun menilai, Indonesia sendiri tidak akan terlalu kena dampak ancaman inflasi tersebut, sehingga potensi terjadinya krisis sosial juga minim.

1. Bank Dunia dan IMF terlalu sering sebut adanya krisis

Janggal! Misbakhun Minta Jokowi Tak Percaya IMF soal 60 Negara AmbrukSejumlah demonstran menuntut pemerintahan adanya perbaikan ekonomi akibat krisis ekonomi tahun 2008 lalu. Foto: Jens Schott Knudsen/Flickr/cc

Menurut dia, Bank Dunia dan IMF sudah terlalu sering menyebut dunia berada dalam ketidakpastian dan berpindah dari satu krisis ke krisis lainnya, terlebih dalam beberapa tahun terakhir di mana pandemi Covid-19 melanda, serta perang antara Rusia dan Ukraina. 

"IMF dan Bank Dunia menyatakan kita dalam dalam situasi krisis. Pernyataan itu bukan yang pertama, karena dari dulu selalu begitu," ujar Misbakhun dalam diskusi bertajuk 'Dunia dalam Ancaman Krisis Ekonomi Global, Bagaimana Negara Dapat Bertahan', Rabu (22/6/2022) sore.

Baca Juga: 60 Negara Bakal Ambruk akibat Krisis, Jokowi Bingung Berikan Bantuan

2. Pemerintah diimbau tidak begitu saja percaya pada data Bank Dunia

Janggal! Misbakhun Minta Jokowi Tak Percaya IMF soal 60 Negara Ambruk(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Oleh sebab itu, pemerintah dinilai tidak bisa begitu saja percaya dengan lembaga keuangan internasional itu, karena bukan tidak mungkin ada skenario yang diciptakan untuk menutupi ketidakmampuan dua organisasi tersebut dalam menangani tantangan ekonomi.

"Mereka tidak siap menghadapi perubahan geopolitik dan geostrategis global. Ketidaksiapan mereka ini ditutupi dengan pembenaran, bahwa mereka tak bisa lagi menjaga hegemoni mereka," kata dia.

3. Curiga inflasi dunia sudah direncanakan dan dikendalikan

Janggal! Misbakhun Minta Jokowi Tak Percaya IMF soal 60 Negara AmbrukIlustrasi Inflasi. IDN Times/Arief Rahmat

Misbakhun justru mencurigai lembaga tersebut, tengah menjalankan agenda tertentu atau bisa dibilang inflasi yang tinggi sudah direncanakan. 

Dia pun optimistis inflasi yang tinggi bisa diatasi dengan kekuatan daya tahan penduduk Indonesia yang bercorak nilai-nilai gotong royong.

"Sistem kegotong-royongan, tolong menolong tetangga dan sebagainya, ketika ada tetangganya yang susah makan ditolong. Inilah yang menurut saya menjadi penopang fundamental daya tahan ekonomi Indonesia dari krisis. Saya tidak percaya prediksi IMF dan Bank Dunia, mereka pasti punya agenda," ujar dia.

Baca Juga: Krisis Ekonomi Global, Anis Matta Baca Bakal Ada Perang Besar

4. Pernyataan Jokowi soal prediksi 60 negara ambruk

Janggal! Misbakhun Minta Jokowi Tak Percaya IMF soal 60 Negara AmbrukPresiden Jokowi di acara Rakernas PDIP pada Selasa (21/6/2022). (dok. PDIP)

Untuk diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi membahas mengenai data dunia yang mengungkap bahwa perekonomian 60 negara di dunia mengalami kehancuran.

Awalnya dia menjelaskan tentang mengerikannya risiko krisis di dunia menurut angka yang dirilis Bank Dunia dan PBB.

Dia mengatakan, 60 negara diprediksi bakal mengalami kehancuran ekonomi, sementara 42 di antaranya sudah pasti menuju kehancuran.

"Angka-angkanya saya diberi tahu, ngeri kita. Bank Dunia menyampaikan, IMF menyampaikan, UN PBB menyampaikan. Terakhir baru kemarin saya mendapatkan informasi 60 negara akan ambruk ekonominya, 42 dipastikan sudah menuju ke sana," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Rakernas II PDIP di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya