Kader Demokrat Masih Kompak Dorong AHY Maju Pilpres 2024

Demokrat ajak partai lain berkoalisi

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, menuturkan kadernya masih mendorong Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau dari internal kami Demokrat masih ingin AHY maju pilpres, tetapi maju kan bisa menjadi capres, cawapres," ujar Herzaky di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Jadi Capres NasDem, Anies: Kami Terima, Kami Siap!

1. Demokrat butuh koalisi dengan parpol lain, bisa NaDem dan PKS?

Kader Demokrat Masih Kompak Dorong AHY Maju Pilpres 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Meski begitu, kata Herzaky, AHY tidak memungkiri Demokrat butuh partai politik (parpol) lain untuk berkoalisi. Mengingat ambang batas presiden atau presidential threshold saat ini 20 persen. Sedangkan, Demokrat baru memiliki 9,36 persen kursi parlemen yang membuat mereka harus berkoalisi dengan partai politik lain di parlemen.

"Tetapi AHY sudah beberapa kali sampaikan bahwa kami punya 9,36 persen untuk maju harus 20 persen. Sehingga tentunya kita harus berkomunikasi dengan teman-teman mitra koalisi kami, mana calon terbaik, katakanlah dengan NasDem, PKS, kita lihat nanti," kata dia.

Baca Juga: Paloh Jelaskan Alasan NasDem Usung Anies Capres: Why Not The Best

2. Demokrat tanggapi NasDem deklarasi Anies Baswedan jadi capres 2024

Kader Demokrat Masih Kompak Dorong AHY Maju Pilpres 2024Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Herzaky juga menanggapi keputusan NasDem yang mendeklarasikan mengusung Anies Baswedan sebagai capres untuk Pilpres 2024.

Dia mengatakan, Anies merupakan sosok yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan Demokrat, sebagaimana yang disampaikan AHY. 

"Sejauh ini rekam jejak Anies Baswedan ini memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang selama ini Demokrat perjuangkan," ujar Herzaky.

"Jelas bahwa memang Anies memiliki keseleraan dengan kriteria yang disampaikan oleh AHY. Ke depannya bersanding atau seperti apa ya kita lihat," sambung Herzaky.

Baca Juga: Demokrat Cermati Muatan Politis Kasus Lukas Enembe, Ini Analisis AHY

3. Demokrat hargai keputusan NasDem usung Anies

Kader Demokrat Masih Kompak Dorong AHY Maju Pilpres 2024Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Tower NasDem jelang pengumuman capres, Senin (3/10/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Herzaky menegaskan, Demokrat menghargai pilihan NasDem yang mendorong Anies maju sebagai capres untuk Pilpers 2024.

"Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan dulu. Demokrat menghormati kemandirian dan independensi tiap parpol dalam proses pengambilan keputusan, karena ini sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh Partai Demokrat," ucap dia.

Menurut Herzaky deklarasi dukungan tersebut merupakan hak partai politik (parpol) dalam mengambil keputusan.

"Karena itu pula, Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai capres dari Partai Nasdem untuk Pilpres 2024," imbuh Herzaky.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya