Megawati dan Jokowi Tiba di Rakernas PDIP

Keduanya siap memberikan sambutan di pembukaan rakernas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tiba di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kedatangan keduanya untuk memberikan sambutan dalam acara rapat kerja nasional (rakernas) PDIP.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Megawati datang lebih awal ketimbang Jokowi. Kedatangannya langsung disambut Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Menseskab Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

Baca Juga: Beda dengan NasDem, Rakernas PDIP Digelar Sederhana di Sekolah Partai

1. Jokowi dan Megawati bakal beri sambutan

Megawati dan Jokowi Tiba di Rakernas PDIPPresiden Jokowi dan Megawati tiba di Rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Acara itu bakal digelar selama tiga hari, yakni Selasa-Kamis (21-23/6/2022). 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, memastikan rakernas itu akan dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

“Acara Rakernas ini akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, ibu Megawati Soekarnoputri. Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberi sambutan di Rakernas,” kata Hasto dalam keterangan tertulis, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Megawati Sudah Kantongi Nama Capres PDIP untuk Pilpres 2024, Siapa? 

2. Tema rakernas: Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat

Megawati dan Jokowi Tiba di Rakernas PDIPPresiden Jokowi tiba di acara rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Hasto menjelaskan, Rakernas PDIP kali ini mengusung tema "Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat" dengan sub tema "Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara".

Makna di balik tema itu, seperti yang pernah diungkap Megawati, adalah Indonesia memiliki kepentingan yang besar untuk memastikan pembangunan desa. Hal itu lantaran pembangunan Indonesia ke depan, dimulai dari desa.

Bagi PDIP, kata Hasto, desa adalah ujung tombak pemerintahan, yang berada di garda terdepan pelayanan publik, sekaligus tempat hidup tradisi dan adat istiadat.

"Desa adalah taman sari kearifan lokal nusantara. Itulah sumber kebudayaan dan kepribadian bangsa. Membangun Indonesia harus dimulai dari desa dengan program pembangunan di segala bidang kehidupan, berbasis pada hasil riset nasional. Sehingga ke depan harus ada optimalisasi peran peneliti dan perekayasa di kampus-kampus yang mengolah sumber daya di desa,” tutur Hasto.

3. Konsolidasi Rakernas PDIP melalui program Lima Mantap

Megawati dan Jokowi Tiba di Rakernas PDIPSekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva)

Secara kepartaian, Rakernas dilaksanakan berdasarkan amanat Kongres V Partai yang dilaksanakan pada tanggal 8-11 Agustus 2019, dan instruksi ketua Umum Partai.

Konsolidasi Partai dilaksanakan melalui Program Lima Mantap, yakni Mantap Ideologi, Mantap Organisasi, Mantap Kader, Mantap Program, dan Mantap Sumber Daya.

“Rakernas Partai dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan konsolidasi partai, mendengarkan laporan dari badan-badan partai dan alat kelengkapan partai, serta untuk menyusun program pemenangan Pemilu legislatif dan pemilu Presiden pada tahun 2024,” ujar Hasto.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya