Menlu Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato, Wapres: Itu Sikap Kita!

Wapres sebut Palestina harus merdeka

Jakarta, IDN Times – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi memutuskan untuk melakukan aksi walk out saat Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat dan PBB, Gilad Erdan, berpidato pada debat terbuka Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (23/1/2023).
 
Menanggapi hal itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan, bangsa Indonesia sampai saat ini konsisten mendukung kemerdekaan Palestina yang akan terus disuarakan di tingkat internasional.
 
“Sikap Menlu saya kira itu menunjukkan sikap kita. Sejak lama kita ingin negara-negara terjajah itu merdeka. Khusus Palestina, kita sudah berkali-kali menyampaikan bahwa Palestina harus menjadi negara yang merdeka,” ujar dia di Pondok Pesantren Kauman Lasem, Desa Jalan, Mahbong, Karangturi, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga: Wapres Tegaskan AI Tak Bisa Gantikan Peran Ulama Buat Fatwa

1. Gambaran sikap tegas pemerintah RI tentang penjajahan Israel

Menlu Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato, Wapres: Itu Sikap Kita!Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadiri Seminar Sekolah Peserta Didik Sespimti Polri Dikreg ke-31 dan Sespimmen Polri Diikreg ke-62 (dok. Sekretariat Wapres)

Menurut Maruf, pemerintah yang diwakili oleh Menlu Retno pada pertemuan tersebut mencerminkan sikap tegas menentang penjajahan Israel di Palestina.
 
“Jadi, walk out itu menunjukkan sikap kita (yang) tidak setuju dan menolak pendapat Israel itu,” tegas dia.
 
Dia menjelaskan, sikap itu tidak terlepas dari persoalan kemanusiaan bahwa perjuangan rakyat Palestina mempertahankan haknya dianggap sebagai tindakan terorisme oleh Israel.
 
“Memang mantra mereka itu selalu saja mengatakan bahwa Hamas itu teroris, kemudian melakukan penyerangan. Padahal itu perlawanan rakyat yang terjajah dalam rangka melepaskan diri dari penjajahan,” tutur Maruf.

Baca Juga: 2 Relawan Indonesia di Gaza Sakit akibat Buruknya Akses Kesehatan

2. Indonesia akan tetap mendukung Palestina

Menlu Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato, Wapres: Itu Sikap Kita!Gedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (Dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

Dia lantas mengungkapkan, apa yang dilakukan Hamas selama ini merupakan wujud dari bentuk perlawanan penjajahan di tanah mereka. Oleh karena itu, Indonesia akan tetap ada di barisan pendukung Palestina.
 
“Jadi saya memaknai serangan Hamas ke Israel itu ingin menunjukkan bahwa (bangsa Palestina) ada, ingin memperoleh perhatian internasional. Itu saya kira jelas. Jadi sikap kita memang dari awal dan tidak akan berhenti mendukung kemerdekaan Palestina,” jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Kecam Israel yang Tak Mau Akui Kemerdekaan Palestina!

3. Israel harus hentikan serangan

Menlu Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato, Wapres: Itu Sikap Kita!Bendera negara Israel (unsplash.com/Taylor Brandon)

Sementara itu, mengenai putusan Mahkamah Internasional (ICJ) yang memerintahkan Israel untuk melakukan langkah-langkah penghentian genosida di wilayah Gaza, Maruf menilai putusan tersebut harus dimaknai juga sebagai penghentian penyerangan yang menjadi tuntutan banyak pihak.
 
“Jadi, jangan ada genosida, artinya harus menghentikan penyerangan. Menghentikan serangan itu sudah menjadi putusan PBB, sudah menjadi putusan berbagai negara. Itu saya kira dua hal itu memang berkait, antara mencegah terjadinya genosida berarti juga menghentikan perang,” ucap dia.

Baca Juga: Menlu Retno Walk Out Saat Dubes Israel Bicara di DK PBB

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya