Musra Pertama Digelar, Jokowi Muncul sebagai Capres Harapan Rakyat

Jokowi terpilih hingga 29,79 persen

Jakarta, IDN Times - Sejumlah relawan Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengumumkan hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia pertama yang digelar di Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada 28 Agustus 2022.

Dalam acara tersebut, Musra menghimpun suara dari masyarakat Jabar terkait pilihan calon Presiden (capres) dan calon Wakil Presiden (cawapres).

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies

1. Jokowi muncul sebagai capres harapan rakyat

Musra Pertama Digelar, Jokowi Muncul sebagai Capres Harapan RakyatPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Penanggung jawab Musra, Budi Arie Setiadi, mengatakan, dari hasil Musra pertama di Jawa Barat, muncul sejumlah tokoh yang banyak didukung sebagai capres.

Adapun capres paling banyak didukung adalah Jokowi. Kemudian di susul Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan tokoh lainnya.

"Capres harapan rakyat ini memang cukup mengejutkan dari hasil nyata yang kami peroleh. Nomor satu, Pak Joko Widodo dengan presentasi dukungan 29,79 persen," ujar Budi dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2022).

"Sandiaga Uno mendapat tertinggi posisi kedua di 16,92 persen. Lalu Mas Ganjar Pranowo di posisi tiga besar, tipis sekali angkanya 16,10 persen persen. Pak Prabowo torehan 11,10 persen dan Anies 9,02 persen," sambung dia.

Baca Juga: Survei Ungkap 10 Cawapres Elektabilitas Tertinggi, Ini Urutannya

2. Ada nama Ridwan Kamil hingga Andika Perkasa

Musra Pertama Digelar, Jokowi Muncul sebagai Capres Harapan RakyatRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kemudian, urutan sosok yang dipilih Musra selanjutnya adalah Ridwan Kamil, Puan Maharani, Moeldoko, dan Andika Perkasa.

"Ridwan Kamil 5,17 persen, Puan Maharani 4,16 persen, Dedi Mulyadi masuk 2,87 persen, Moeldoko 2,57 persen, dan Andika Perkasa di posisi terakhir 1,42 persen. Lain-lainnya itu nama-nama yang memperoleh di bawah 0,7 persen," kata dia.

Baca Juga: Survei Buka Peluang PDIP, Gerindra, PKB Gabung KIB, Siapa Capresnya?

3. Musra tampung hasil program prioritas harapan rakyat

Musra Pertama Digelar, Jokowi Muncul sebagai Capres Harapan RakyatKonferensi pers hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia pertama (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain itu, Ketua Dewan Pengarah Musra, Andi Gani, memastikan, acara tersebut juga menampung aspirasi soal program prioritas harapan rakyat.

"Perkembangan isu ekonomi terkini tampak mempengaruhi pilihan para peserta, terutama terkait upah dan harga BBM yang belakangan diwacanakan kenaikannya oleh pemerintah," ujar Andi.

"Selanjutnya terkait program yang bersifat infrastruktur, para peserta tampak berpreferensi atas kerja pemerintah yang terlihat dan terasa hasilnya," lanjut dia.

Baca Juga: Ada E-Voting Capres, Jokowi Dikabarkan Hadir Musra di Bandung

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya