PDIP Tegaskan Dana Rp27 M dari Pemerintah Tak Dipakai Buat Kampanye

Dana bantuan parpol alami kenaikan hingga 100 persen

Jakarta, IDN Times - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan dana partai politik dari pemerintah kepada PDI Perjuangan (PDIP) sebesar Rp27 miliar.

Penyerahan simbolis bantuan pemerintah itu dilakukan di sela-sela pengarahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas ll PDIP, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Selasa (21/6/2022).

1. Sesuai ketentuan Kemendagri

PDIP Tegaskan Dana Rp27 M dari Pemerintah Tak Dipakai Buat KampanyePutra Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo di acara Rakernas PDIP (dok. PDIP)

Bendahara Umum PDIP, Olly Dondokambey, mengatakan bahwa dana parpol tersebut telah dipakai sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Kemendagri.

Diketahui, saat itu, Olly meneken dokumen serah terima bantuan tersebut. Selanjutnya, dia mengantar dokumen itu untuk ditandatangani Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Bantuan (dana) parpol dari Kemendagri sudah diambil sekian persen buat pendidikan dan pembiayaan administrasi, jadi tidak bisa keluar dari yang ditetapkan oleh Kemendagri,” kata Olly di Kantin Mustika Rasa, Kompleks Sekolah Partai, di sela-sela Rakernas II PDIP, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: Megawati Singgung Manuver Kader, Rudy Tegaskan Setia PDIP

2. Dana tidak boleh dipakai untuk kampanye

PDIP Tegaskan Dana Rp27 M dari Pemerintah Tak Dipakai Buat KampanyeSuasana rakernas PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva)

Olly menegaskan, meski telah menerima dana bantuan parpol, partai tak boleh menggunakan untuk kepentingan kampanye. Tapi dipergunakan untuk kepentingan pendidikan politik.

“Jadi tidak boleh pakai kampanye bantuan parpolnya, tidak boleh beli baju kaos. Jadi buat pendidikan politik bagi masyarakat dan kader-kader,” ujar Olly.

3. Dana bantuan pemerintah naik hingga 100 persen

PDIP Tegaskan Dana Rp27 M dari Pemerintah Tak Dipakai Buat KampanyeIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Olly menambahkan, dana bantuan parpol sekarang telah mengalami kenaikan, bahkan mencapai 100 persen.

“Oh naik jauh sekarang. 100 persen naik,” kata Olly.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya