PPP Klaim Suaranya di Dapil Aceh II Diambil Partai Garuda

Suara yang bergeser hingga 5.300 suara

Jakarta, IDN Times - Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sebagai Pemohon dalam gugatan sengketa hasil Pileg 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), mengaku suaranya di Aceh II diambil oleh Partai Garuda.

Hal tersebut disampaikan kuasa hukum PPP, Bakas Manyatakan, dalam sidang pemeriksaan pendahuluan yang digelar di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

1. Diambil Partai Garuda sebesar 5.300 suara

PPP Klaim Suaranya di Dapil Aceh II Diambil Partai GarudaVisi dan Misi Partai Garuda (partaigaruda.org)

Bakas menuturkan, suara PPP yang bergeser ke parpol pendukung Prabowo-Gibran itu sebesar 5.300 suara.

"Diambil 5.300 suara oleh Partai Garuda," ucap dia.

"Harusnya Partai Garuda 40 suara, hanya 40 suara. Tapi ditetapkan oleh KPU 5.340 suara," sambungnya.

Baca Juga: PPP Minta Doa dari PKB Agar Lolos Sengketa PHPU Pileg 2024 di MK

2. PPP bandingkan dengan perolehan suara versi KPU

PPP Klaim Suaranya di Dapil Aceh II Diambil Partai GarudaRapat terbuka rekapitulasi suara tingkat nasional di Ruang Sidang Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut catatan PPP, perpindahan suara itu didapat berdasarkan data internal yang dimiliki saat melakukan pengawasan berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.

"Jadi di Dapil Aceh, perbandingan perolehan PPP versi Termohon (KPU), PPP mendapatkan 92.914 suara, sedangkan pemohon 98.214 suara artinya ada selisih sekitar 5.300 suara," jelas Bakas.

3. Minta KPU tetapkan sesuai dengan data versi PPP

PPP Klaim Suaranya di Dapil Aceh II Diambil Partai GarudaLambang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Oleh sebabnya, partai berlambang Ka'bah itu dalam petitumnya meminta agar MK memutuskan agar KPU menetapkan perolehan suara berdasarkan versi PPP.

"Menetapkan hasil perolehan suara pemohon dan partai Garuda yang benar untuk pemilu anggota DPR RI th 2024 pada daerah pemilihan Aceh II prov Aceh sebagai berikut, PPP perolehan suara yang benar 98.214 suara, Partai Garuda 40 suara," imbuh Bakas.

Baca Juga: PPP Pertimbangkan Usung Sandiaga Uno di Pilgub Jakarta 2024

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya