Relawan Gelar Musra di Bandung, Jokowi Bakal Hadir Beri Sambutan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut diundang

Jakarta, IDN Times - Relawan Pro Jokowi (Projo) bersama relawan lainnya bakal menggelar Musyawarah Rakyat (Musra) di 34 provinsi. Musra digelar untuk menampung aspirasi rakyat serta kriteria pemimpin potensial 2024.

Ketua Panitia Musra, Panel Barus, memastikan pembukaan kegiatan ini akan digelar di Bandung, Jawa Barat pada Minggu, 28 Agustus 2022. Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan akan memberikan sambutan pembuka musra. Selain itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga diundang untuk menghadirinya.

"(Ridwan Kamil) Datang, karena kan kepala daerah setempat ya kalau kita gak kulo nuwun kan gak etis. Tapi kalau presiden datang, yang memberikan sambutan yang presiden," ujar dia saat dihubungi IDN Times, Jumat (26/8/2022).

1. Pembukaan musra di Bandung siap digelar

Relawan Gelar Musra di Bandung, Jokowi Bakal Hadir Beri SambutanKonferensi pers Musra yang diinisiasi simpatisan Jokowi di Jakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (29/6/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pihaknya juga menegaskan jika persiapan Musra sudah cukup matang. Saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk menyiapkan kompenen acara pendukung.

"Ini saya lagi di Bandung persiapkan semuanya, lagi membereskan semua, gedung, tempat, peserta, perizinan, pengamanan, e-voting-nya, semua sedang kita urus. Sudah matang ini, lagi pasang atribut, perlengkapan di gedung, dan beberapa pihak pemerintah juga sudah berkoordinasi dengan kami. Pihak pemerintah ada yang hadir, untuk survei koordinasi, dari Sekneg dan lain-lain," kata Panel.

Baca Juga: 3 Tujuan Relawan Jokowi Gelar Musra, Salah Satunya Bahas Capres 2024  

2. Antusiasme masyarakat tinggi

Relawan Gelar Musra di Bandung, Jokowi Bakal Hadir Beri SambutanIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Panel menjelaskan tidak ada kendala dalam menggelar Musra pertama. Sebaliknya, justru antusiasme masyarakat yang ingin hadir cukup tinggi. Dia menilai respons positif masyarakat itu muncul karena tertarik menyampaikan aspirasi terkait nasib masa depan bangsa.

"Gak (ada kendala), malah berlebihan. Antusiasmenya tinggi, karena ini bukan acara model lama. Ini model acaranya baru jadi orang agak antusias karena rakyat diajak terlibat untuk bicara langsung memberikan pendapat secara langsung tentang nasib bangsa ke depan. Ini sangat sesuai dengan kehidupan berdemokrasi," ujar Panel.

3. Musra dihadiri puluhan ribu orang

Relawan Gelar Musra di Bandung, Jokowi Bakal Hadir Beri SambutanRelawan Jokowi gelar musyawarah rakyat (musra) di 34 provinsi (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, kata Panel, peserta yang hadir berasal dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Musra digelar terbatas, maksimal sekitar sepuluh ribu orang sesuai dengan kapasitas gedung.

"Target pesertanya dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Kita batasi sepuluh ribuan lah, karena infrastrukturnya yang memadai cuma segitu. Ini siang hari kan digelar, jadi harus di dalam gedung karena kalau gak kan panas, sementara acaranya butuh waktu yang lumayan panjang," imbuh dia.

Baca Juga: Gelar Musra di Seluruh Provinsi, Relawan: Bukan Perintah Jokowi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya