SMRC: Jika Pileg Hari Ini, PDIP Menang dan Jadi Partai Suara Terbanyak

Survei digelar untuk mengetahui tren elektabilitas parpol

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei tren elektabilitas partai politik (parpol) jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 mendatang.

Hasilnya, Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menuturkan bahwa jika pemilu diadakan sekarang, PDIP mendapat dukungan terbesar.

"PDIP dapat 24,1 persen; disusul Golkar 9,4 persen; Gerindra 8,9 persen; Demokrat 8,9 persen; PKS 6,2 persen; PKB 6,1 persen; Perindo 4,6 persen; Nasdem 3,2 persen; PPP 2,9 persen; dan PAN 1,7 persen. Sementara partai-partai lain mendapat dukungan di bawah 1 persen, dan yang belum tahu ada 20,9 persen," ucap Deni dalam konferensi pers hasil survei yang digelar secara daring, dilihat IDN Times, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Ganjar Sampaikan Curhat di Hadapan Jokowi: Guru Ingin Jadi ASN PPPK

1. Dukungan PDIP naik, Demokrat cenderung stabil

SMRC: Jika Pileg Hari Ini, PDIP Menang dan Jadi Partai Suara TerbanyakKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat penetapan nomor urut partai peserta pemilu di KPU, Rabu (14/12/2022). (IDN Times/Yosafat Diva)

Deni mengatakan, PDIP jadi satu-satunya partai yang elektabilitasnya naik ketimbang Pemilu 2019 lalu. Sementara itu Demokrat cenderung stabil dan partai lainnya menurun.

"Dibanding hasil pemilu 2019 lalu, dukungan kepada PDIP naik dari 19.3 persen menjadi 24,1 persen. Elektabilitas Demokrat juga sedikit naik dari 7,8 persen menjadi 8,9 persen, atau relatif stabil. Sementara partai-partai lain yang ada di parlemen cenderung menurun," ucap dia.

Baca Juga: Survei LPK: Prabowo, Ganjar dan Anies Capres Terkuat di 2024

2. Masih ada peluang parpol untuk meningkatkan dukungan

SMRC: Jika Pileg Hari Ini, PDIP Menang dan Jadi Partai Suara TerbanyakIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Meski begitu, Deni menjelaskan masih ada peluang bagi partai politik untuk meningkatkan dukungan. Mengingat berdasarkan survei itu, masih ada masyarakat yang belum menentukan pilihan.

"Setiap partai masih punya peluang menaikkan dukungan, karena masih ada sekitar 20,9 persen warga yang saat ini belum menentukan pilihan," tutur dia.

Baca Juga: Survei Poltracking: Masyarakat Jateng Sangat Puas Kinerja Jokowi

3. Survei dilakukan 3 sampai 11 Desember 2022

SMRC: Jika Pileg Hari Ini, PDIP Menang dan Jadi Partai Suara Terbanyakilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Deni memastikan, survei dilakukan secara tatap muka pada 3 hingga 11 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

"Populasi dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1029 atau 84 persen. Sebanyak 1029 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," imbuh dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya