Tak Pernah Dengar Isu Menteri Mundur, Siti Nurbaya: Kerja Biasa

Isu mundurnya 15 menteri disampaikan Faisal Basri

Jakarta, IDN Times - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, mengaku tak pernah mendengar adanya isu 15 menteri di Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengundurkan diri.

"Saya gak tahu dan saya tidak pernah dengar tentang masalah tersebut (isu belasan menteri mundur)," kata Siti kepada IDN Times, Jumat (19/1/2024).

1. Menteri bekerja seperti biasa

Tak Pernah Dengar Isu Menteri Mundur, Siti Nurbaya: Kerja BiasaMenteri LHK Siti Nurbaya Bakar saat menghadiri Compos Day di Jakarta, Minggu (26/2/2023). (IDNTimes/Melani Putri)

Ketua DPP Partai NasDem itu mengatakan, saat ini menteri di kabinet masih bekerja seperti biasanya. Dia juga menyebut jajaran menteri saat ini masih solid.

"Menteri kabinet setahu saya bekerja biasa aja," ujar Siti.

Baca Juga: Tepis Isu Menteri Jokowi Mundur, Menkominfo: Semua Membantah

2. Istana pastikan semua menteri di kabinet solid

Tak Pernah Dengar Isu Menteri Mundur, Siti Nurbaya: Kerja BiasaKoordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan semua menteri di Kabinet Indonesia Maju kompak membantu Presiden Jokowi menyelesaikan kerjanya hingga Oktober 2024.

"Seluruh menteri di Kabinet Indonesia Maju tetap kompak dan solid membantu Presiden, untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan sampai akhir masa jabatannya," ujar Ari kepada awak media pada Kamis, 18 Januari 2024.

Ari kemudian meminta kebenaran isu mundurnya sejumlah menteri ke pembuat isu. Sebab, tak ada isu tersebut di kalangan Istana.

"Terkait isu yang sengaja dilemparkan oleh beberapa pihak, bahwa ada menteri yang siap mundur atau tidak nyaman dalam pemerintahan, tanyakan saja ke pihak-pihak yang melontarkan isu tersebut," kata dia.

Baca Juga: Ada Kabar Angin Menteri Basuki Mundur, Sekjen PUPR Belum Dapat Kabar

3. Isu 15 menteri mundur

Tak Pernah Dengar Isu Menteri Mundur, Siti Nurbaya: Kerja BiasaPemeriksaan saksi ahli yakni Ekonom senior Faisal Basri dalam sidang lanjutan pendiri Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti (Youtube/Jakartancius)

Isu mundurnya belasan menteri diketahui berawal dari pernyataan ekonom senior, Faisal Basri.

Dia menyebut setidaknya ada 15 menteri yang siap mundur dari kabinet.

Adapun 15 menteri yang diisukan mundur di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Lalu, Menteri ESDM Arifin Tasri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Baca Juga: Menteri Kominfo: Isu Menteri-Menteri Jokowi Mundur Tidak Benar!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya