Zulhas Prediksi Pilpres 2024 Bisa Diramaikan 4 Paslon

Persaingan diharapkan ketat dan sehat

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), menilai tak tertutup kemungkinan akan ada empat pasangan calon dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Itu artinya, peluang terbentuknya empat poros koalisi juga sangat berpeluang terjadi.

Zulhas menuturkan, saat ini sudah ada tiga nama bakal calon presiden (bacapres) yang digadang-gadang maju di Pilpres 2024. Mereka adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. Namun, Golkar juga berpeluang membuat poros baru, mengingat parpol yang dikomandoi Airlangga Hartarto itu merupakan partai dengan kursi terbanyak kedua di DPR.

"Golkar itu (hasil) Munasnya harus jadi capres, bukan cawapres. Oleh karena itu, Pak Airlangga, dan wajar, layak, beliau itu, partai pemenang pemilu nomor dua. Jadi, kalau ada keinginan jadi Capres dan Cawapres, sangat pantas serta layak. Saya kira, akan sekuat tenaga Golkar, Pak Airlangga tentu membentuk satu pasangan. Kalau itu terjadi berarti bisa empat. Jadi, empat itu sesuatu yang mungkin terjadi," kata dia di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga: KPU: Nasdem Rencana Daftar Bacaleg 5 Mei, PPP 8 Mei

1. Berharap kontestasi yang mencerahkan

Zulhas Prediksi Pilpres 2024 Bisa Diramaikan 4 PaslonMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Pria yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) itu menyatakan berapa pun jumlah paslon yang maju tidak menjadi masalah. Menurut Zulhas, kontestasi politik di 2024 harus menecerahkan. Sehingga mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Tetapi yang paling penting bagi kita kan kontestasinya itu mencerahkan. Kalau buat saya, mau dua paslon, tiga, empat, itu gak apa-apa. Jadi, kontestasi untuk kemajuan bukan untuk saling menghancurkan. Kontestasi yang betul-betul ingin mewujudkan Indonesia," ujar Zulhas.

Baca Juga: AHY: Semoga Pemilu 2024 Tidak Jadi Ajang Perebutan Kekuasaan Semata

2. Pemimpin selanjutnya diharapkan bisa bawa Indonesia jadi negara maju

Zulhas Prediksi Pilpres 2024 Bisa Diramaikan 4 PaslonMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan meninjau titik penjualan minyak goreng curah rakyat (MGCR) di wilayah Klender, Jakarta Timur. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Jika politik mengedepankan persatuan dan berbagai hal positif, maka pembangunan di Indonesia akan terus berlanjut. Sehingga, dijelaskan Zulhas, apa yang dikerjakan pemimpin sebelumnya tidak menjadi proyek negara yang sia-sia.

Sebaliknya, lanjut Zulhas apabila elite politik justru bersitegang satu sama lain, bukan tidak mungkin potensi Indonesia jadi negara maju di 2025 akan terlewat begitu saja. Makanya, Zulhas berharap pemenang pada Pemilu 2024 nanti bisa melanjutkan pembangunan.

"Sehingga pada saatnya, pemenang itu bisa lanjutkan pembangunan, gak poco-poco kata Mbak Mega, mundur lagi. Kalau itu (perpecahan) terjadi, kita susah. Kita bisa melewatkan momentum yang paling penting 2025 menjadi negara maju itu," ucap dia.

Baca Juga: Zulhas Ajak Elite Parpol Ngopi Bareng sebelum Bahas Capres

3. Zulhas yakin Pemilu 2024 akan berlangsung damai

Zulhas Prediksi Pilpres 2024 Bisa Diramaikan 4 PaslonIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Zulhas mengaku senang dengan suasana politik damai yang terjadi belakangan ini, karena Ketua Umum setiap Partai Politik bisa duduk bersama sambil berdiskusi. Dia mengatakan, silaturahmi politik semacam itu sangat indah dan mahal.

Apabila masing-masing Parpol mengedepankan suasana politik yang teduh, Zulhas optimis tidak akan terjadi perpecahan pada Pemilu 2024.

"Kemarin (pertemuan Ketum), ada mbak Mega, Pak Airlangga, Pak Prabowo, Cak Imin, Pak Mardiono, dan saya. Juga begitu, suasananya enak sekali, bisa guyon, bercanda, tertawa. Itu, sekali lagi buat saya, indah dan mahal. Kalau sudah begitu elite politiknya, elitenya yang menentukan pilpresnya bisa dekat begitu, saya kira, saya yakin Pemilu di 2024 pertarungannya tidak akan seperti dulu," tutur Zulhas.

"Tentu kita masuk pada isinya kan, kan Indonesia itu saya percaya, kalau kita ketemu (secara langsung) itu separuh persoalan yang tidak suka, itu kelar dan hilang," ujar dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Zulhas Ajak Elite Parpol Ngopi Bareng sebelum Bahas Capres

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya