Jenazah Tiba Pukul 18.30, Cak Imin hingga Khofifah Layat Gus Im

Disalati di Masjid Jami Pondok Mambaul Maarif

Jombang, IDN Times - Jenazah KH Hasyim Wahid bin Wahid Hasyim atau Gus Im adik kandung KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang diberangkatkan dari Jakarta dengan jalur darat telah tiba di pondok pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang. Jenazah cucu Hadratussekh KH M Hasyim Asyari itu tiba sekitar pukul 18.30 WIB.

1. Jenazah tiba di pesantren pukul 18.30 WIB dengan ambulans

Jenazah Tiba Pukul 18.30, Cak Imin hingga Khofifah Layat Gus ImYeny Wahid saat takziah Gus Im. IDN Times/Zainul Arifin

Pantauan IDN Times di lokasi, ambulans dengan nopol B 1377 TYC yang membawa jenazah Gus Im langsung menuju ke ndalem kasepuhan yang berada di depan samping kiri masjid pondok setempat. Seluruh kerabat dan keluarga besar beserta santri menyambut jenazah putra ke enam pasangan Kiai Wahid Hasyim dengan Nyai Sholihah Munawwaroh.

Para petakziah memakai protokol kesehatan secara ketat. Sebelum masuk ke lokasi, mereka juga harus melewati bilik disinfektan yang telah dipasang oleh pihak pondok. 

2. Gubernur Khofifah melayat Gus Im

Jenazah Tiba Pukul 18.30, Cak Imin hingga Khofifah Layat Gus ImGubernur Khofifah Melayat Gus Im. IDN Times/Zainul Arifin

Pantauan IDN Times di lokasi, para petakziah mulai berdatangan di lokasi. Di antaranya para kiai, tokoh agama, dan sejumlah pejabat pemerintahan. Dari keluarga besar almarhum yang sudah datang di antaranya putri Gus Dur, Zanuba Ariffah Chofsoh atau Yenny Wahid, Lily Wahid, Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Lukman Hakim atau Gus Kikin.

Lalu dari keluarga besar pesantren mambaul maarif antara lain ada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar; Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Halim Iskandar. KH Hasib Wahab Chasbullah majelis pengasuh Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas , Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab dan ratusan petakziah lainnya.

"Iya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga datang takziah almarhum," ujar KH Abdul Muiz Aziz Masyhuri, keponakan dari Gus Im.

3. Jenazah disalati di masjid pondok

Jenazah Tiba Pukul 18.30, Cak Imin hingga Khofifah Layat Gus ImJenazah Gus Im dibawa ke Masjid Jami Pondok Mambaul Maarif Denanyar. IDN Times/Zainul Arifin

Gus Muiz mengungkapkan, setelah dari ndalem kasepuhan, jenazah adik kandung KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) itu dibawa ke Masjid Jami pondok pesantren setempat untuk di salati. Untuk salat jenazah dipimpin KH Marzuqi Mustamar pimpinan ponpes Sabilul Rosyad, Gosek, Malang dengan diikuti para ratusan petakziah.

"Mohon doanya, semoga belau khusnul khotimah," tutur Gus Muiz Aziz.

Kiai Hasyim Wahid atau Gus Im meninggal dunia pada hari ini, Sabtu (1/8/2020) di usia 67 tahun. Gus Im mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit (RS) Mayapada Jakarta pada Sabtu (1/8/2020) pukul 04.18 WIB akibat sakit yang dideritanya. Sesuai wasiat, Gus Im yang wafat di usia 67 tahun itu dimakamkan di kompleks makam pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang tepatnya di samping makam adik sepupunya KH. Wahid

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya