Comscore Tracker

Kecelakaan Beruntun di Jombang, Bus Bagong Rem Blong Tabrak 6 Mobil 

Dua penumpang luka-luka

Jombang, IDN Times - Kecelakaan beruntun melibatkan tujuh unit kendaraan di Jalan raya nasional masuk Desa Plosorejo, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (18/1/2022). Dalam kecelakan itu, dua orang penumpang dikabarkan dua mengalami luka ringan dan langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

"Dua orang terluka. (Mereka) penumpang mobil Sigra, sekarang (korban) di Puskesmas," kata Arif Santoso (41) pengemudi mobil Sigra yang terlibat dalam kecelakaan itu kepada sejumlah wartawan di lokasi kejadian, Selasa (18/1/2022) siang

1. Tujuh mobil terlibat kecelakaan beruntun 

Kecelakaan Beruntun di Jombang, Bus Bagong Rem Blong Tabrak 6 Mobil Mobil rusak bagian depan usai ditabrak bus Bagong. IDN Times/Zainul Arifin

Data dari Polres Jombang menyebutkan bahwa kecelakaan yang terjadi di jalan raya nasional Surabaya-Madiun tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Ada tujuh kendaraan yang terlibat dalam insiden tersebut. Kendaraan yang terlibat kecelakaan ini antara lain, bus PO Bagong nopol N 7990 UF, Suzuki Ertiga bernopol L 1473 YX, mobil Honda Brio bernopol S 1021 WV, Daihatsu Sigra nopol AG 1617 WC, Daihatsu Xenia nopol AE 1178 G, Daihatsu Xenia nopol AG 1748 TM, serta truk tangki nopol L 8135 UW.

2. Bermula Bus Bagong menabrak Suzuki Ertiga yang berhenti menunggu kereta api lewat

Kecelakaan Beruntun di Jombang, Bus Bagong Rem Blong Tabrak 6 Mobil Mobil rusak usai terlibat kecelakaan beruntun di Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Kecelakaan bermula saat bus Bagong yang dikemudikan Pomi (62), asal Trenggalek melaju dari arah Timur Jombang ke arah Nganjuk. Ketika mendekati lokasi kejadian, bus jurusan Surabaya-Tulungagung itu menabrak mobil Suzuki Ertiga yang sedang berhenti menunggu kereta api melintas. Mobil Ertiga tersebut disopiri Wendy Oktavianto (31) asal Sidoarjo.

Kemudian, sopir bus banting setir ke kanan dan menabrak dua kendaraan yang tengah melaju dari arah berlawanan, yakni Honda Brio dan Daihatsu Sigra. "Waktu itu saya syok. Saya hindari kiri bisa hancur. Saya hindari kiri kena belakang, sedangkan bus-nya dari depan. Saya berjalan dari arah barat," kata Arif melanjutkan.

Baca Juga: Susahnya Menangkap Anak Kiai Jombang Tersangka Cabul

3. Kecelakaan disebabkan karena bus rem blong

Kecelakaan Beruntun di Jombang, Bus Bagong Rem Blong Tabrak 6 Mobil Bus Bagong ditepikan usai mengalami kecelakaan beruntun di Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Setelah menabrak dua kendaraan dari arah berlawanan, bus berjalan mengarah ke kiri dan kembali menabrak dua kendaraan yang berhenti menunggu kereta api lewat, yaitu Daihatsu Xenia dan truk tangki. 

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Rudi Purwanto dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Ia menyebut kecelakaan beruntun itu disebabkan karena rem blong pada bus Bagong sehingga menabrak kendaraan di depannya yang sedang berhenti menunggu kereta api lewat.

"Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara dan keterangan saksi-saksi, kecelakaan diduga karena bus Bagong mengalami rem blong," katanya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, sejumlah kendaraan yang terlibat laka mengalami kerusakan. Petugas unit laka telah mengamankan bangkai kendaraan ke kantor Satlantas Polres Jombang guna penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga: Tersangka Cabul Anak Kiai Jombang Masuk DPO, Ini Alasan Polisi  

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya