KUA di Jombang Gelar Penyuluhan Jelang Pernikahan Ustaz Somad

Ustaz Somad tidak hadir

Jombang, IDN Times - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Abdul Ghofur, menyampaikan, rapak Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan calon istrinya Fatimah Az Zahra Salim Barabud (20) telah dilaksanakan di kantornya, hari ini, Selasa pagi (27/4/2021).

Rapak merupakan penyuluhan sekaligus penegasan sebelum pernikahan. Rapak sekaligus untuk memastikan kelengkapan berkas kedua calon pengantin. Kegiatan dilaksanakan secara terbatas dan berlangsung selama satu jam.

"Rapaknya UAS dengan Fatimah (sudah) tadi pagi di kantor KUA, dilaksanakan mulai jam 08.30 sampai 09.30 Wib," kata Abdul Ghofur dikonfirmasi IDN Times, Selasa sore (27/4/2021).

1. Rapak tanpa dihadiri Ustaz Abdul Somad

KUA di Jombang Gelar Penyuluhan Jelang Pernikahan Ustaz SomadKantor KUA Kecamatan Peterongan. Zainul Arifin

Abdul Ghofur mengungkapkan, rapak tersebut hanya dihadiri oleh pihak keluarga calon pengantin perempuan, yakni wali nikah Salim Barabud yang merupakan bapak dari Fatimah, serta ibunya bernama Bibi Kulsum. Sementara Ustaz Somad berhalangan hadir karena jarak yang jauh serta belum memungkinkan untuk hadir saat ini.

"Asisten dari UAS tadi yang hadir ke sini. Dia hadir untuk memastikan bahwa berkas itu benar dan jika ada kekurangan akan disampaikan. Dia (Asisten) masih belum bisa memastikan kehadiran UAS ke sini," katanya.

2. Orangtua calon pengantin perempuan diminta persetujuan

KUA di Jombang Gelar Penyuluhan Jelang Pernikahan Ustaz SomadKepala KUA Kecamatan Peterongan, Abdul Ghofur/Zainul Arifin

Lebih lanjut Ghofur mengatakan, pihaknya menghadirkan kedua orangtua calon perempuan karena usianya masih kurang dari 21 tahun. Namun, bukan berarti calon perempuan itu di bawah umur.

Dalam aturan, kata dia, jika calon perempuan usia 19 tahun ke bawah, maka harus mendapatkan dispensasi melalui sidang di pengadilan agama. Tapi kalau umur dari 19 sampai 21 tahun, harus ada izin dari kedua orang tua.

 "Kedua orang tua calon perempuan tadi datang ke sini membuat surat pernyataan tertulis di hadapan kami, memberikan izin penikahan anaknya. Itu termasuk syarat wajib, apabila calon pengantin usianya kurang dari 21 tahun harus ada izin tertulis dari orang tua," tegasnya.

Baca Juga: Jokowi dan Ustaz Abdul Somad Tokoh Pria Paling Dikagumi di Indonesia

3. KUA minta Ustaz Somad untuk datang

KUA di Jombang Gelar Penyuluhan Jelang Pernikahan Ustaz SomadPelayanan di Kantor KUA Peterongan. Zainul Arifin

Lepas dari hal itu, Ghofur mengatakan bahwa ketidakhadiran Ustaz Abdul Somad bisa dimaklumi. Kelengkapan lain bisa dilakukan sembari menanti kehadiran Ustaz Somad ke kantor KUA Jombang

"Memang rapak itu seharusnya dihadiri calon suami, calon istri, dan wali nikah. Karena calon suaminya tempatnya jauh berhalangan dan kedatangannya kan perlu proses tidak ada yang tahu, akhirnya calon istri sama wali datang, ya kita layani, tinggal nanti calon suaminya yang belum rapak. Karena saat ini kan tidak mungkin mendatangkan semuanya. Yang jelas bertahap, mungkin dari pihak calon istri sama walinya dulu, nanti kapan ada waktu baru calon suaminya," ujarnya.

"Saya menginginkan (Ustaz Somad) datang ke sini. Setelah kedua calon menandatangani dan melakukan rapak, selanjutnya dilakukan proses pernikahan," lanjutnya.

4. Pernikahan Ustaz Somad akan dilaksanakan usai lebaran

KUA di Jombang Gelar Penyuluhan Jelang Pernikahan Ustaz SomadRumah Fatimah, Calon Istri Ustaz Abdul Somad. IDN Times/Zainul Arifin

Ustaz Abdul Somad akan melepas status duda setelah bercerai dengan Mellya Juniarti akhir tahun 2019 lalu. Dai yang panggilan namanya akrab disingkat UAS itu akan menikahi gadis kelahiran 1 Oktober 2021 bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud, warga Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Usia pedakwah asal Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dengan calon istrinya Fatimah terpaut 24 tahun. Ustaz Abdul Somad saat ini berusia 44 tahun, sedangkan calon istrinya berumur 20 tahun dan seorang hafizah atau penghafal Quran. Pernikahan keduanya sendiri akan dilangsungkan usai lebaran.

Baca Juga: Ustaz Somad Akan Persunting Warga Jombang, Akad Nikah Mei

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya