Langganan Banjir, 4 Desa di Jombang Terendam Air Luapan Sungai

618 rumah terdampak

Jombang, IDN Times - Banjir kembali menerjang daerah Kabupaten Jombang, Minggu malam (14/2/2021). Sedikitnya, empat desa di kecamatan Mojoagung, Jombang yang menjadi langganan banjir kembali terendam air. Penyebabnya adalah air sungai yang melintas di wilayah itu meluap setelah hampir 4 jam diguyur hujan. Ketinggian air di luar rumah mencapai 2 meter hingga memaksa warga terdampak mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari banjir kiriman itu.

"Ini sebagian warga mengungai di balai desa dan sebagian ke tempat keluarganya yang tidak terdampak banjir," kata Erwan Susanto, Kepala Dusun Kebundalem, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, yang terdampak banjir saat ditemui di balai desa setempat bersama sejumlah pengungsi, Senin (15/2/2021) pagi.

1. Air dari luapan dua sungai

Langganan Banjir, 4 Desa di Jombang Terendam Air Luapan SungaiBanjir Kademangan Mojoagung Jombang/Zainul Arifin

Menurut Erwan, pada sore hari sekitar jam 16.00 WIB  desanya diguyur hujan selama hampir 4 jam. Setelah itu, sekitar pukul 20.00 WIB air masuk ke permukiman warga karena sungai yang melintas di desanya tak bisa menampung debit air. Warga yang mengetahui akan terjadi banjir segera menyelamatkan barang-barang miliknya.

Ia menjelaskan, Dusun Kebondalem, Kademangan itu dihimpit oleh dua sungai besar. Di bagian sebelah barat, terdapat sungai catak banteng yang berasal dari aliran sungai Konto Kandangan. Sedangkan di sebelah timur, ada sungai Pancir Gunting aliran dari wilayah Wonosalam, Jombang.

"Nah, pas hujan itu sungainya meluap dan masuk ke permukiman penduduk sini. Air naik pukul 20.00 Wib sampai sekarang," jelasnya

2. Sebanyak 4 Desa terendam banjir hingga 2 meter

Langganan Banjir, 4 Desa di Jombang Terendam Air Luapan SungaiEvakuasi korban banjir di Mojoagung Jombang/Zainul Arifin

Luapan air sungai tersebut telah merendam empat desa di Kecamatan Mojoagung, Jombang. Yakni Desa Mancilan, Betek, Karobelah dan Kademangan. Ketinggian air khususnya di Kebondalem mencapai 2 meter. Sejumlah tim relawan yang berada di lokasi berusaha mengevakuasi warga sengan menggunakan perahu karet.

"Di Kademangan ketinggian air sampai dua meter. Karena ini juga variatif, jadi yang terdalam itu dua meter. Di dalam rumah itu yang terdalam 50 sampai satu meter," ujarnya

Baca Juga: Sungai Meluap, 3 Kecamatan di Pasuruan Direndam Banjir

3. Ada 618 rumah warga terendam banjir

Langganan Banjir, 4 Desa di Jombang Terendam Air Luapan SungaiBanjir Mojoagung Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Erwanto menambahkan, berdasar data yang ia catat, sebanyak 618 rumah warga Kebundalem, Desa Kademangan yang terdampak banjir. Jumlah itu belum dari desa lain yang turut terkena banjir. Sejumlah warga saat ini telah mengungai ke balai desa dan keluarganya.

"Pengungsi di posko balai desa ada 7 orang lansia, anak anak 16 orang, dan 13 orang dewasa. Yang lain ke tempat saudaranya yang tidak terdampak," katanya.

Baca Juga: Gali Saluran Irigasi, Warga Jombang Temukan Struktur Bata Kuno

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya