Petasan di Rumah Warga Jombang Meledak, Satu Orang Meninggal

Ledakan terjadi saat salat tarawih

Jombang, IDN Times - Rumah salah seorang warga di Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang meledak pada Kamis (16/4/2021) malam. Ledakan itu mengakibatkan seorang bernama Joko Slamet (35), meninggal dunia. Sementara sang ibu, Sainten (55) mengalami luka.

"Kedua korban mengalami luka bakar dan dirujuk ke RSUD Jombang. Namun, korban Joko meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit," jelas Kapolsek Kabuh, AKP Rudi Darmawan dihubungi IDN Times, Jumat siang, (16/4/2021).

1. Ledakan diduga berasal dari racikan petasan

Petasan di Rumah Warga Jombang Meledak, Satu Orang MeninggalPolisi olah TKP ledakan diduga dari petasan. Istimewa

Ledakan tersebut diduga kuat bersumber dari bahan petasan yang sedang diracik di dalam rumah. Hal itu diperkuat dengan sejumlah barang bukti berupa bubuk petasan yang ditemukan petugas kepolisian di lokasi kejadian.

Sejumlah barang bukti yang ditemukan di lokasi, di antaranya satu buah travo, satu buah kaleng sisa belerang, abu bekas belerang yang sudah terbakar, cat yang digunakan untuk pavel mercon (petasan) serta serbuk untuk pavel petasan. Barang bukti itu telah diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Sepertinya penyebabnya dari itu (bahan petasan). Tapi kami masih belum bisa menyimpulkan, karena sekarang tim inafis Polres Jombang sedang bekerja melakukan penyelidikan," kata Rudi.

Baca Juga: Lemparan Petasan ke Rumah Bupati Kediri Dicurigai Berbau Politis

2. Ledakan terjadi saat warga salat tarawih

Petasan di Rumah Warga Jombang Meledak, Satu Orang MeninggalGaris Polisi terpasang di rumah ledakan petasan. Istimewa

Rudi menerangkan, peristiwa itu terjadi di rumah Sukijan (61), pada Kamis malam (15/4/2021) sekitar pukul 19.30 WIB. Saat kejadian, warga sekitar sedang menunaikan ibadah salat tarawih di Masjid setempat. Pada rakaat kedua, jamaah tarawih tiba-tiba mendengar suara ledakan cukup keras. Penasaran dengan suara ledakan tersebut, warga keluar masjid untuk mencari sumber ledakan.

"Sejumlah jamaah salat tarawih yang mendengar suara ledakan keluar masjid untuk mencari sumber ledakan. Ternyata, ledakan itu dari rumah Sukijan," terangnya.

3. Ibu dan anak tergeletak di dalam rumah

Petasan di Rumah Warga Jombang Meledak, Satu Orang MeninggalPolisi olah TKP ledakan diduga dari petasan. Istimewa

Kemudian warga berusaha masuk ke dalam rumah Sukijan yang lampunya sudah padam. Saat warga masuk, di dalam rumah masih ada percikan kecil bekas ledakan. Setelah dicek, warga mendapati Joko Slamet dan Sainten tergeletak tidak jauh dari sumber ledakan.

Seketika itu, warga berusaha untuk menolong korban yang menderita luka bakar. Keduanya dibawa ke Puskesmas setempat yang selanjutnya dirujuk ke RSUD Jombang. Nahasnya, nyawa Joko tak terselamatkan setelah beberapa jam menjalani perawatan.

"Ledakan ini juga mengakibatkan rumah korban bagian dapur hancur berantakan namun atapnya masih utuh," imbuhnya.

Baca Juga: Demo Omnibus Law di Grahadi Ricuh, Jebol Pagar Sampai Lempar Petasan

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya