Polisi Olah TKP Kecelakaan Vanessa di Tol Jombang Gunakan Kamera TAA

Olah TKP untuk memperjelas titik kejadian 

Jombang, IDN Times - Korlantas Polri bersama Polda Jatim dan Polres Jombang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan tunggal yang menewaskan artis Vanessa Angel dan suaminya Febri "Bibi" Andriansyah di Tol Jombang KM 673 Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang, pada Jumat (5/11/2021) sore. Olah TKP kecelakaan tunggal tersebut menggunakan metode traffic accident analysis (TAA).

1. Polisi olah TKP gunakan alat kamera animasi TAA 

Polisi Olah TKP Kecelakaan Vanessa di Tol Jombang Gunakan Kamera TAAKasatlantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto. IDN Times/Zainul Arifin

Dengan menggunakan teknologi yang menangkap gambar animasi, olah TKP terbagi dalam dua sesi. Yakni pengukuran dan pengumpulan data secara manual, serta pengambilan foto dan video menggunakan teknologi canggih, berupa kamera animasi TAA.

Melalui teknologi TAA itu, nantinya petugas akan mendapatkan gambaran penyebab terjadinya kecelakaan yang menyebabkan publik figure Vanessa Angel dan suaminya tewas di lokasi kejadian. Gambaran itu mulai dari laju kecepatan, jarak pengereman, pergerakan mobil, hingga gambaran saat mobil Pajero sport menabrak beton pembatas jalan.

"Ini dari Korlantas sama tim TAA Polda Jatim. Yang pertama (ini) adalah scan kejadian laka kemarin," ungkap Kasatlantas Polres Jombang, AKP Rudi Purwanto, Jumat (5/11/2021).

Baca Juga: Kecelakaan di Tol Jombang, Vanessa Angel Berencana ke Surabaya

2. Olah TKP untuk memperjelas titik kejadian kecelakaan

Polisi Olah TKP Kecelakaan Vanessa di Tol Jombang Gunakan Kamera TAAOlah TKP laka Vanessa di Tol Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Olah TKP dilakukan sekitar pukul 15.00 WIB dan tidak berlangsung kurang dari 1 jam. Selama olah TKP berlangsung, Tol Jombang diberlakukan one way dari Jakarta menuju Surabaya.

Kembali dilakukannya olah TKP menggunakan alat canggih yang mengandalkan alat canggih kamera itu diharapkan dapat memperjelas kejadian laka lantas kendaraan Pajero warna putih bernopol B 1284 BJU yang ditumpangi lima orang tersebut. Rudi menambahkan, olah TKP itu juga untuk tambahan Satlantas Polres Jombang.

"Yang kedua adalah olah TKP tambahan Satlantas Polres Jombang. Mungkin itu dulu, nanti kami kabari untuk penyelidikan selanjutnya. Tujuan olah TKP ini untuk memperjelas letak kejadiannya dimana, lokasi dan titik poinnya," ujar Rudi.

3. Tidak ada bekas rem

Polisi Olah TKP Kecelakaan Vanessa di Tol Jombang Gunakan Kamera TAAPolisi memeriksa kendaraan Vanessa di Satlantas Polres Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah tewas dalam kecelakaan di Tol Jombang, Kamis (4/11/2021) siang. Sopirnya Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya (24) dan anaknya GL (1,7) serta asisten rumah tangga Siska Lorensa (21) mengalami luka dan selamat.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho, Kamis (4/11/2021) sore, menyampaikan, dari hasil olah TKP tidak ditemukan adanya bekas atau upaya pengereman dari sopir sehingga terjadi kecelakaan tunggal yang menewaskan dua orang. Dugaan awal, kecelakaan tersebut disebabkan karena sopir lelah dan mengantuk sehingga mobil menabrak pembatas tol di sebelah kiri jalan.

"Hasil olah TKP yang dilakukan penyidik Satlantas, tidak ada bekas rem, sehingga kesimpulan awal pengemudi lelah dan mengantuk sehingga menabrak guardril (pembatas jalan)," kata Agung.

Baca Juga: Polisi Selidiki Instastory Sopir Vanessa, Ngebut Sambil Main HP

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya