Aksi Tegas Pemerintah Bubarkan HTI, Pak Jokowi Jadi Karikatur Media Asing.

Aksi tegas pak Jokowi diapresiasi oleh media asing, salut deh Pak Jokowi!

Akhir-akhir ini bangsa dihebohkan dengan pemberitaan bahwa pemerintah Indonesia telah berhasil membubarkan secara resmi HTI. Pembubaran HTI itu langsung diberitakan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM. Dengan mencabut status badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dengan demikian, HTI resmi dibubarkan pemerintah. 

Namun sebelumnya dalam membubarkan HTI, Pemerintah sudah berhasil menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 yang mengubah UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. Perppu ini dibuat setelah pemerintah mengumumkan upaya pembubaran ormas HTI yang dianggap anti-Pancasila.

Nah, dengan upaya tegas Presiden Jokowi untuk memberantas ormas atau kelompok radikal di Indonesia yang salah satunya dengan membubarkan ormas HTI itu ternyata menarik perhatian dunia bahkan sebuah media asing New York Times mempublikasikan karikatur aksi Jokowi dalam situsnya.

Nah inilah karikatur Pak Jokowi yang menjadi perhatian dunia itu.

Aksi Tegas Pemerintah Bubarkan HTI, Pak Jokowi Jadi Karikatur Media Asing.https://www.nytimes.com

Dilihat dari situs The New York Times, karikatur tersebut berjudul 'Heng on Indonesia's Decree to Ban Radical Groups'. Karikatur ini muncul dalam rubrik opini. Karikatur itu digambar oleh kartunis Heng Kim Song dari Singapura dan dipublikasikan di situs The New York Times pada Minggu (16/7/2017). 

Dalam karikartur itu Jokowi digambarkan sedang berdiri memegang semprotan yang diarahkan ke tanaman liar berduri. Di dalam tanaman liar tersebut tampak ingin menyerang Jokowi. Dan tidak lupa tanaman tersebut dinamai 'radical islamist'. Tampaknya di dalam karikatur itu juga ada sebuah simbol racun pada wadah yang ditenteng Jokowi, kemudian wadah racun itu diarahkan pada tanaman liar yang tampak seolah ingin menyerang Jokowi.

Uniknya di dalam karikatur itu, ada sebuah tulisan menarik yang tepat pada posisi dibawahnya dengan tulisan seperti ini:

President Joko Widodo of Indonesia signed a decree allowing authorities to disband religious and civil society groups, in an effort to challenge hard-line Islamist groups that oppose his pluralist administration.

"Presiden Joko Widodo menandatangani sebuah keputusan yang mengizinkan pihak berwenang membubarkan kelompok agama dan masyarakat sipil. Hal tersebut dalam upaya melawan kelompok Islam garis keras yang menentang pemerintahan yang pluralis,"  tulis The New York Times dalam keterangan karikatur. 

Dengan hadirnya foto karikatur itupun jadi viral dimana-mana dan banyak sekali diunggah kembali di media sosial lainnya dan menjadi perbincangan hangat untuk warganet di tanah air. Banyak pula yang berkomentar dan memberikan dukungan kepada Presiden Jokowi untuk terus memberantas kelompok anti-Pancasila yang lainnya.

Bagi yang belum tahu, mengapa Pemerintah harus membubarkan HTI, Ini beberapa alasannya..

Aksi Tegas Pemerintah Bubarkan HTI, Pak Jokowi Jadi Karikatur Media Asing.kompas.com

Seperti dilansir dari laman Kompas, dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (8/5/2017), Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, upaya pembubaran HTI telah melalui satu proses pengkajian yang panjang. Wiranto saat itu memaparkan tiga alasan pemerintah membubarkan HTI. 

Pertama, sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional.

Kedua, kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Ketiga, aktivitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

"Mencermati berbagai pertimbangan diatas, serta menyerap aspirasi masyarakat, Pemerintah perlu mengambil langkah–langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI," tutur Wiranto ketika itu. 

Nah, dengan melihat pemberitaan adanya karikatur diatas, bagaimana pendapatmu, guys?

 

Zother Veregrent Photo Verified Writer Zother Veregrent

Pria musim semi yang Ambivert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya