Comscore Tracker

Sebelumnya Gelap Gulita, Kini Bogor Terang Benderang dengan PJU-TS

Peresmian ini dilakukan di Pondok Pesantren Miftahul Huda

Bogor, IDN Times - Kementerian ESDM terus meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan dan penggunaan APBN untuk dapat dirasakan secara langsung bagi masyarakat. Salah satunya dengan pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS). Kali ini pemasangan infrastruktur tersebut dilakukan di Bogor, Jawa Barat.

"Dari 21.839 titik di seluruh Indonesia, Jawa Barat mendapatkan 2.230 titik, jadi lebih dari 10 persen di Jawa Barat", pungkas Menteri ESDM, Ignasius Jonan, yang hari ini (20/3) hadir di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda 4, Desa Ciaruten Hilir, Ciampea, untuk meresmikan PJU-TS yang dibangun di Kabupaten Bogor.

1. Sepanjang jalan 45 km sudah terang benderang

Sebelumnya Gelap Gulita, Kini Bogor Terang Benderang dengan PJU-TSIDN Times/EBTKE

“Penduduk Jawa Barat ini besar, Bogor misalnya sampai 5,8 juta warganya, kalau dibanding sama Kalimantan dan Sulawesi, bisa saja Kabupaten Bogor lebih besar penduduknya dibanding satu kabupaten di sana,” ungkap Jonan.

Ada 176 desa dari 30 kecamatan di Kabupaten Bogor yang terfasilitasi penerangan jalan. Sepanjang 45 kilometer (km) jalan yang tadinya gelap gulita pun kini terang benderang.

2. Pembangunan PJU-TS berdampak pada penggunaan dana daerah dan mengurangi kriminalitas

Sebelumnya Gelap Gulita, Kini Bogor Terang Benderang dengan PJU-TSIDN Times/EBTKE

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bogor, Iwan Setiawan menyampaikan bahwa tahun 2018, Kabupaten Bogor mendapatkan 900 titik PJU-TS yang telah dimanfaatkan warga masyarakat.

“Selain bermanfaat dalam meningkatkan kenyamanan dan ketenangan masyarakat dalam beraktivitas, juga sangat berguna bagi efisiensi penggunaan dana daerah karena tidak perlu membayar listrik ke PLN, PJU-TS juga dapat menurunkan angka kriminalitas," tutur Iwan.

3. Kementerian ESDM memiliki prinsip menjadi platform untuk mengembangkan semua jenis EBT

Sebelumnya Gelap Gulita, Kini Bogor Terang Benderang dengan PJU-TSIDN Times/EBTKE

Hadir pula dalam kegiatan peresmian kali ini, Harris, selaku Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBT) Kementerian ESDM. Ia menyampaikan bahwa Kementerian ESDM memiliki prinsip energi berkeadilan dan itu menjadi platform untuk mengembangkan semua jenis EBT untuk dikembangkan.

“Yang paling penting adalah memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan energi tersebut dengan kualitas yang bagus, harga terjangkau, dan mencapai seluruh lapisan masyarakat kita terutama di daerah terpencil,” pungkasnya.

4. PJU-TS membantu aktivitas masyarakat, termasuk para santri untuk melaksanakan ibadah

Sebelumnya Gelap Gulita, Kini Bogor Terang Benderang dengan PJU-TSIDN Times/EBTKE

Pengurus Ponpes Miftahul Huda 4, Didi Sariadi, mengungkapkan rasa syukurnya dengan terbangunnya PJU-TS di lingkungan ponpes mereka.

“Sebelum ada PJUTS ini, aduh gelap sekali kalau malam jadi untuk tamu agak ragu-ragu untuk masuk ke sini (ponpes). Jadi berpikir dua kali kalau mau ke sini malam hari. Dengan adanya PJU-TS ini luar biasa alhamdulillah jadi bersyukur sekali kami dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan atensinya kepada kami."

Didi pun mengungkapkan bahwa penerangan di sana sifatnya situasional, kadang masih suka mati lampu. Dengan adanya PJU-TS ini, para santri sangat terbantu dalam aktivitas belajar dan beribadah. 

Topic:

  • Ezri Tri Suro

Just For You