Lagi, ESDM Pasang Penerangan Tenaga Surya untuk Masyarakat Kalbar

Hal ini merupakan tanda APBN langsung untuk masyarakat

Kubu Raya, IDN Times - Perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara, Muhammad Wafid, menyerahkan secara simbolis infrastruktur Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada perwakilan Pemerintah Kalimantan Barat (Kalbar) kemarin di Kabupaten Kubu Raya (8/4). Hal ini tanda bahwa PJU-TS terpasang 90 titik di Ketapang dan 128 titik di Kubu Raya.

"Pemasangan PJU-TS ini merupakan wujud pemanfaatan APBN yang harus dirasakan langsung masyarakat terutama masyarakat lapisan bawah, KESDM berkomitmen dalam menjalankan pembangunan infrastruktur yang langsung dirasakan dan dimanfaatkan masyarakat," ungkap Wafid.

1. Taraf hidup masyarakat meningkat berkat PJU-TS

Lagi, ESDM Pasang Penerangan Tenaga Surya untuk Masyarakat KalbarIDN Times/EBTKE

Wafid mengatakan bahwa keamanan, kenyamanan, dan kemudahan beraktivitas masyarakat di kedua kabupaten tersebut meningkat  berkat PJU-TS sehingga taraf hidup sosial dan ekonomi mereka dapat meningkat pula. Hal ini karena PJU-TS ialah program Kementerian ESDM yang mempunyai solusi baik untuk jalan-jalan di daerah yang belum terjangkau listrik PLN dan di daerah-dareah yang terlistriki PLN, tetapi ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

Untuk diketahui, Kementerian ESDM telah memasang PJU-TS di seluruh Indonesia, yakni  di 25 provinsi dengan jumlah unit 21.839 titik pada 2018.  Program PJU-TS memastikan seluruh masyarakat dapat mengakses energi modern sebagai upaya mewujudkan energi berkeadilan.

2. Bupati Kubu Raya apresiasi pemasangan PJU-TS

Lagi, ESDM Pasang Penerangan Tenaga Surya untuk Masyarakat KalbarIDN Times/EBTKE

Pemasangan PJU-TS di Kubu Raya membuat Bupati Muda Mahendrawan mengapresiasi dukungan Kementerian ESDM terhadap daerahnya.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian ESDM, PJU-TS ini tentu akan menghemat pengeluaran, ramah lingkungan, dan berdampak positif bagi masyarakat Kubu Raya. Kami berharap hal ini menjadi pemantik semangat untuk percepatan pembangunan," tuturnya.

3. Bupati Muda berharap masyarakat jaga PJU-TS

Lagi, ESDM Pasang Penerangan Tenaga Surya untuk Masyarakat KalbarIDN Times/EBTKE

Bupati Muda pun meminta masyarakat dapat menjaga PJU-TS. Bahkan ia pun berinisiatif membentuk relawan untuk fasilitas dari Kementerian ESDM tersebut.

"Kami mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat fasilitas umum yang telah ada dan kami akan bentuk relawan untuk memunculkan rasa memiliki masyarakat. Kami mengharapkan untuk ke depan masyarakat Kubu Raya memiliki rasa kebahagiaan dengan adanya PJU-TS ini," tutur Bupati Muda.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya