Kawasan 4 Pulau Ini Fokus Pengembangan Wisata Bahari Kepulauan Seribu

Pemerintah sedang lakukan tiga upaya

Jakarta, IDN Times – Wisata Kepulauan Seribu kian dikembangkan, salah satunya berfokus pada pengembangan wisata bahari. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan bahwa perencanaan pariwisata akan menyesuaikan rencana tata ruang yang ada di DKI Jakarta.

"Supaya perencanaan pariwisata sesuai dengan rencana tata ruang yang ada di DKI. Dengan begitu, nanti kita bisa menentukan pulau-pulau mana saja yang didorong untuk kegiatan wisata, pulau-pulau mana yang menjadi kegiatan permukiman, pulau-pulau mana yang menjadi kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Itu semua bisa kita tentukan," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bicara soal wisata bahari di Kepulauan Seribu, pemerintah setempat berupaya mempercantik kawasan empat pulau di sekitar sana, yaitu Pulau Pramuka, Pulau Karya, Pulau Panggang, dan Pulau Tidung.

"Kami harapkan ini dapat membawa kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia.

1. Pembangunan dermaga dan fasilitas lainnya

Kawasan 4 Pulau Ini Fokus Pengembangan Wisata Bahari Kepulauan Seributripzilla.com

Langkah awal yang akan digarap pemerintah setempat mulai tahun ini mengembangkan Pulau Karya. Tahap pertama membangun dermaga dan fasilitas lainnya yang menunjang pariwisata.

Selain pembangunan fisik, pengembangan sumber daya manusia juga dilakukan terkait manajemen pengelolaan aset pariwisata dan sosial.

"Landasan utama kami adalah atraksi bahari seperti snorkeling. Adapun untuk acara mengadopsi budaya setempat, terkhusus di Pulau Panggang yang memiliki Festival Pulang Babang," ujar Cucu.

2. Adanya lapangan pekerjaan baru bagi warga setempat

Kawasan 4 Pulau Ini Fokus Pengembangan Wisata Bahari Kepulauan SeribuIDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Melalui upaya pengembangan wisata di pulau-pulau ini, diharapkan memberikan kesempatan dan peluang pekerjaan baru bagi warga setempat. 

"Kalau dahulu pekerjaan mereka hanya satu sektor saja cari ikan, nantinya akan ada alternatif menyewakan perahu untuk snorkeling dan pemandu yang bisa bisa menambah nilai pendapatan," tambah Cucu.

3. Pemerintah tegas terhadap masalah aturan penggunaan minuman kemasan di area pulau

Kawasan 4 Pulau Ini Fokus Pengembangan Wisata Bahari Kepulauan Seributravelingyuk.com

Setelah menyusun rencana pembangunan, tentu tidak ingin bila dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Menghindari kejadian itu, pemerintah akan tegas terhadap masalah aturan penggunaan minuman air kemasan. Sehingga mampu mengurangi plastik, jadi dianjurkan menggunakan wadah yang bisa dipakai ulang.

Sebagai salah satu wisatawan luar daerah, Dimas, menyatakan jika upaya pemerintah tegas dalam melarang menggunakan minuman kemasan plastik sangat didukung.

“Menggunakan botol plastik atau kemasan lainnya yang tidak ramah lingkungan, saya dukung peraturan pemerintah yang melarang tidak berkeliaran di area pulau. Karena itu dapat merusak ekosistem biota air. Nanti, meski pemerintah sudah menata Kepulauan Seribu, bila pengunjungnya tidak taat sama saja. Jadi, memang perlu tegas aturan ini,” tuturnya.

Pemilihan keempat pulau itu lantaran jaraknya berdekatan dan memiliki potensi pariwisata beragam. Hal ini memberi kemudahan akses dan alternatif liburan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya