Comscore Tracker

Harga Pangan Murah, Gizi Warga Kepulauan Seribu Terpenuhi

Harga pangan yang ditawarkan mulai dari Rp8000-35.000

Jakarta, IDN Times – Kebutuhan gizi warga Jakarta di Kepulauan Seribu kini terpenuhi dengan baik dan seimbang. Pasalnya, telah hadir pusat perkulakan JakGrosir untuk pertama kalinya di Pulau Tidung Kecil yang menjual harga pangan dengan murah.

Pasar Jaya, sebagai salah satu BUMD Pemprov DKI Jakarta yang bergerak di Bidang Pangan, pada 22 September 2019 lalu, telah meresmikan Program JakGrosir.

Melalui program tersebut, Pemprov Jakarta berupaya menekan harga kebutuhan pokok demi mewujudkan ketahanan pangan supaya kebutuhan gizi masyarakat terpenuhi.

Harga pangan murah yang dimaksud meliputi harga daging sapi yang dibanderol Rp35.000 per kg, daging ayam Rp8.000 per kg, telur ayam Rp10.000 per tray, beras Rp30.000 per 5 kg, ikan Rp13.000 per kg, dan susu Rp30.000 per karton (isi 24 pak, @200 ml).

“Pembangunan JakGrosir ini sejalan dengan program Pemprov DKI Jakarta untuk menekan harga pangan. Inilah yang Pemprov DKI Jakarta kendalikan, bagaimana masyarakat di pulau bisa terjaga daya belinya," tutur Gubernur Anies.

Menariknya lagi, satu paket komoditas kebutuhan pangan tersebut dikenakan harga sekitar Rp350.000. Komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam memenuhi kebutuhan gizi warga Kepulauan Seribu belum usai sampai di sini. Pasalnya, penerima manfaat program pangan murah cukup membayar sebesar Rp126.000 saja. Dengan demikian, kebutuhan bahan pokok masyarakat pun menjadi mudah terpenuhi tanpa harus khawatir soal harga.

Terkait program harga pangan murah ini, Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad, menyatakan bahwa JakGrosir ini memberikan dampak positif kepada masyarakat. Ketersediaan barang dan harganya dikelola dalam kondisi stabil.

“Dampaknya positif. Menjaga stabilitas suplai dan harga barang,” kata Bupati Husein saat diwawancara.

“Ada kemudahan mendapatkan barang dan harga yang sama dengan di darat,” tambahnya.

Untuk ke depan, harapan Bupati Husein terhadap JakGrosir ini supaya masyarakat yang mempunyai kartu (JakGrosir) dapat memanfaatkan JakGrosir itu dengan baik.

Topic:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya