Kemensos Fokus Perlindungan Korban Bencana Banjir di Provinsi Bengkulu

Sebanyak tujuh kabupaten terdampak banjir

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan upaya perlindungan korban bencana banjir dan tanah longsor di Provinsi Bengkulu menjadi prioritas utama.

"Untuk itu telah dikerahkan Tagana Provinsi Bengkulu dan Tim Kampung Siaga Bencana untuk melakukan pendataan, evakuasi korban ke tempat aman, pendistribusian logistik, dan pelayanan dapur umum lapangan," tutur Menteri Agus di Jakarta, Minggu.

1. Bantuan logistik tanggap darurat mulai menjangkau tujuh kabupaten dan satu kota yang terdampak banjir

Kemensos Fokus Perlindungan Korban Bencana Banjir di Provinsi BengkuluIDN Times/Kemensos

Mensos mengatakan bahwa secara bertahap bantuan logistik tanggap darurat mulai menjangkau tujuh kabupaten dan satu kota yang terdampak banjir. Logistik dikirim dari Gudang Pusat Kemensos dan Gudang Provinsi Bengkulu.

Sebanyak tujuh kabupaten terdampak ialah Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, dan satu kota terdampak adalah Kota Bengkulu.

2. Bantuan logistik tanggap darurat yang dikirimkan senilai Rp667.515.000

Kemensos Fokus Perlindungan Korban Bencana Banjir di Provinsi Bengkulutuntasonline.com

Mensos menjelaskan, bantuan logistik tanggap darurat yang dikirimkan senilai Rp667.515.000 dengan rincian ialah paket makanan siap saji 1.000 paket, lauk-pauk 1.000 paket, mi 40 ribu bungkus, makanan anak 500 paket, tenda gulung 500 lembar, tenda serbaguna keluarga 5 set, sandang 500 paket, dan selimut 500 lembar.

"Pemerintah juga menyerahkan santunan ahli waris 11 jiwa. Ahli waris setiap korban meninggal mendapatkan Rp15 juta dan sedang dalam proses verifikasi. Total santunan adalah Rp165 juta," tutur Menteri Agus.

Hingga Minggu petang (28/4), jumlah bantuan yang disalurkan untuk banjir Bengkulu ialah Rp832.515.000.

"Kemudian untuk bantuan kebutuhan makanan, telah didirikan layanan dapur umum sebanyak dua titik, yakni di Desa Tanjung Jaya Bengkulu dan Kantor Dinsos Provinsi Bengkulu,” ujar Mensos.

3. Banjir berasal dari luapan sungai dan anak sungai yang mengalir menuju muara di laut Samudera Hindia

Kemensos Fokus Perlindungan Korban Bencana Banjir di Provinsi BengkuluDok. IDN Times

Seperti diketahui, Provinsi Bengkulu dikepung bencana banjir dan tanah longsor sejak Jumat (26/4). Banjir berasal dari luapan sungai dan anak sungai yang mengalir menuju muara di laut Samudera Hindia sebelah barat Provinsi Bengkulu. Akibat bencana ini, 11 orang meninggal dunia, 4 orang luka berat, dan 3 orang hilang.

"Pemerintah menyampaikan turut berdukacita atas musibah banjir yang dialami warga di berbagai daerah. Baik di Bengkulu, Jakarta, Kalimantan Tengah, maupun wilayah lainnya. Insyaallah pemerintah pusat terus berupaya mendorong logistik dan bantuan ke wilayah terdampak sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo bahwa perlindungan korban bencana menjadi prioritas pertama," tutur Mensos Agus.

Menteri Agus juga berpesan kepada seluruh personel TAGANA di seluruh pelosok negeri untuk bersama Kampung Siaga Bencana (KSB) meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya