Kemnaker Gandeng Industri yang Mumpuni Hadapi ASC 2020  

Kemnaker menggandeng PT KAI dan PT Denso

Bali, IDN Times - Kasubdit Pengembangan Sistem dan Metode Pelatihan Kerja, Tri Pudji Astanti, menjelaskan, ASC XIII akan melibatkan 20 skills area dengan 2 di antaranya ialah kejuruan baru, yakni industrial control dan rapid transit system. Kementerian Ketenagakerjaan telah menggandeng sejumlah industri yang mumpuni di bidangnya guna menyiapkan calon kompetitor untuk 2 kejuruan tersebut.

"Kita menggandeng industri-industri yang punya peralatan dan kemampuan teknis yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan," kata Pudji dalam acara Evaluasi Pelaksanaan Seleksi Nasional ASC XIII di Bali, Minggu (10/11).

Pudji menambahkan, industri yang digandeng untuk menyiapkan materi kejuruan rapid transit system ialah PT KAI, sedangkan industri yang digandeng untuk menyiapkan materi kejuruan industrial control ialah PT Denso.

"Mereka ngeluarin technical description serta competition scope yang sesuai dengan kejuruan tersebut," kata Pudji.

Selain itu, melalui kegiatan evaluasi seleksi nasional ASC XIII, Kemnaker juga mengundang para eksper setiap kejuruan. Tujuannya untuk mengumpulkan masukan dan evaluasi Seleknas setiap kejuruan, mendengarkan arahan terkait Training Center (TC) ASC XIII, diskusi dan sharing pengalaman ASC, serta membahas strategi eksper pada pemusatan atau TC ASC XIII.

Pudji menambahkan, sejak Seleksi Nasional (Seleknas) ASC XIII, Kemnaker telah melakukan sejumlah tahapan lanjutan, di antaranya Pelatihan Character Building (29-31 Agustus 2019), Pelatihan Bahasa Inggris (1-7 September 2019), Pemusatan Pelatihan Tahap I (Training Center I) di 14 lokasi (1 Oktober 2019 dan dijadwalkan akan berlangsung hingga 20 Desember 2019).

"Sejak Agustus 2019 hingga saat ini, telah dilaksanakan beberapa tahapan lanjutan guna mempersiapkan Calon Kompetitor ASC XIII tahun 2020," pungkas Pudji.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya