Global Qurban-ACT Kelola Ribuan Hewan Kurban Terbaik Sejak Pembibitan

Kualitas hewan kurban yang dikelola Global Qurban terjamin

Blora, IDN Times – “Dermawan Berqurban, Berkahnya Bahagiakan Dunia” menjadi tema program Global Qurban-ACT pada 1440 Hijriah ini. Dalam menyediakan kebutuhan kurban ini, Global Qurban terus memperhatikan dan mengelola hewan kurban dengan kualitas terbaik yang dijaga sejak pembibitan. 

Global Qurban dengan peternak binaan Lumbung Ternak Wakaf (LTW) merawat kambing-kambing kurban pada fase pembibitan (breeding) di LTW, di Desa Gadu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora. Salah satu peternak, Wariyadi, mengatakan bahwa merawat kambing yang mengalami sungsang ialah salah satu bagian yang cukup sulit.

“Kita harus tahu ketika kambing itu sungsang. Kadang-kadang keluar kakinya dulu daripada kepala. Kalau sudah begitu, kakinya saya masukkan lagi, kemudian akan saya bantu putar lagi dengan tangan agar kepala anaknya bisa keluar dulu. Kalau dibiarkan (sungsang) susah itu, berhari-hari dia tidak bisa keluar,” kata Wariyadi.

Akan tetapi, Wariyadi tidak menganggap kesulitan itu halangan. Terbukti sejak 2014 hingga kini, pengelolaan kambing-kambing di kandang pembibitan yang masih berjalan. Wariyadi sangat memperhatikan setiap perawatan agar kambing-kambing yang dirawat delapan karyawan LTW lainnya di kandang tersebut berkualitas baik.

“Kalau saya bagian mencuci kambing. Kadang tidak sampai seminggu sudah kotor, saya mandikan lagi kambingnya. Memandikannya itu bahkan sebanyak ini, dari ujung barat ke ujung timur lagi,” kata Wariyadi seraya menunjuk dari ujung kandang ke ujung kandang lainnya.

1. Peternak binaan LTW Global Qurban memperhatikan setiap perawatan hewan kurban

Global Qurban-ACT Kelola Ribuan Hewan Kurban Terbaik Sejak PembibitanIDN Times/Ezri TS

Kambing-kambing itu juga diberikan makan dua kali sehari dengan campuran rumput hijau sebagai bahan pakan utamanya. Pemberian rumput hijau berpengaruh agar kambing-kambing di kandang pembibitan itu memiliki banyak air susu sehingga anakan yang tinggal bersama induknya bisa mendapatkan susu yang berkualitas.

Pembibitan ini biasanya memakan waktu empat bulan sampai kambing-kambing itu dapat dikatakan cukup besar dan berpisah dari induknya. Setelah itu, khusus kambing-kambing jantan di kandang pembibitan ini akan dipindahkan ke beberapa kandang penggemukan LTW yang tersebar di Kecamatan Sambong.

Salah satu kandang penggemukan yang mendapatkan kambing-kambing bibit dari kandang Wariyadi ialah kandang penggemukan LTW yang dikelola Rasimin. Jarak kandang tersebut sekitar 500 meter dari kandang pembibitan LTW yang dikelola Wariyadi. Tidak tanggung-tanggung, kandang berukuran cukup luas tersebut hingga kini memelihara sekitar 1.040 ekor kambing.

“Setelah Iduladha, biasanya kandang ini akan menerima 90 ekor kambing per minggu dari kandang pembibitan dan itu bertahap. Kadang-kadang bisa seminggu dua kali. Kalau kandang ini katakan punya tempat untuk 1.040 kambing, tinggal dihitung berapa bulan penuhnya,” kata Rasimin.

2. Dari kandang pembibitan, hewan kurban kemudian ditempatkan ke kandang penggemukan

Global Qurban-ACT Kelola Ribuan Hewan Kurban Terbaik Sejak PembibitanIDN Times

Perawatan di kandang penggemukan tidak jauh berbeda dengan kandang pembibitan. Aktivitas keseharian Wariyadi dan Rasimin sama, mulai dari pemberian pakan dan memandikan ternak. Namun, untuk pakan pembibitan dan pakan penggemukan ada sedikit perbedaan karena kebutuhan yang berbeda.

“Kalau di sini (kandang penggemukan) kambing diberikan rumput odot, bukan rumput hijau biasa. Rumputnya akan kita potong dan campur dengan katul, kangkung kering, kulit kedelai, kulit kacang, dan kita campur minuman fermentasi agar baunya segar. Kita masukkan dalam drum sekitar tiga sampai empat hari, lalu baru dapat diberikan kepada ternak,” tutur Rasimin.

Dari perawatan tersebut, berat badan ternak pun bertambah tiap bulannya. Kambing-kambing yang awalnya memiliki berat 12 sampai 15 kilogram dari kandang pembibitan akan bertambah beratnya mencapai rata-rata 35 kilogram pada 7 sampai 8 bulan kemudian, atau tepat Iduladha tahun depannya. Nantinya ternak-ternak berkualitas dari Global Wakaf tersebut akan menjadi suplai daging terbaik bagi kebutuhan Global Qurban pada Iduladha tahun ini. 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya