Menteri Jonan Sarankan Badan Usaha dan Masyarakat Pasang PLTS Atap 

Hal tersebut demi hemat dan peduli energi

Jakarta, IDN Times - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyarankan badan usaha dan masyarakat yang mampu untuk mulai memanfaatkan atap bangunan dan gedung yang mereka miliki dengan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap. Menurut Jonan, PLTS bukan hanya untuk menghemat biaya tenaga listrik yang harus mereka bayar, melainkan juga menunjukkan kepedulian dengan menggunakan sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

"Kampanye PLTS Satu Juta Atap ini saya kira kampanye yang bagus sekali, acara ini merupakan bagian dari usaha kita memperoleh energi untuk kehidupan kita dengan sumber energi yang lebih bersih. Kalau kita bikin PLTS ini juga akan menghemat tagihan listrik, kan ini listriknya impor ekspor dengan PLN," ujar Menteri Jonan mengawali sambutannya di acara Kampanye Penggunaan Listrik Surya Atap, Minggu (28/7).

1. Menteri Jonan juga menganjurkan masyarakat membantu penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan

Menteri Jonan Sarankan Badan Usaha dan Masyarakat Pasang PLTS Atap IDN Times/EBTKE

Menteri Jonan menambahkan, masyarakat sebaiknya tidak jangan hanya berpikir mendapatkan energi yang lebih hemat, tetapi juga berpikir bagaimana mendapatkan sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

"Cara berpikirnya itu jangan hanya kalau saya pasang ini akan mengurangi tagihan listrik, tetapi juga akan membantu penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan," tutur Jonan.

Untuk meningkatkan pemanfaatan PLTS atap, Menteri Jonan mengusulkan agar badan usaha dan industri untuk mulai memanfaatkan atap bangunan dan gedung yang mereka miliki dengan memasang PLTS atap di atasnya.

"Badan usaha dan industri untuk memanfaatkan atap gedung-gedung yang mereka miliki, kan itu penampangnya besar sekali. Istana Merdeka sudah memasang 260 kWp atau 260.000 watt, Kantor Kementerian ESDM sudah memasang 160 kWp, rumah pribadi saya juga sudah terpasang sebesar 15,4 kWp," tutur Menteri Jonan.

2. Melalui kebijakan dan peraturan, pemda juga dapat ikut meningkatkan pemanfaatan PLTS atap

Menteri Jonan Sarankan Badan Usaha dan Masyarakat Pasang PLTS Atap IDN Times/EBTKE

Menteri Jonan juga meminta kontribusi pemerintah daerah untuk peningkatan pemanfaatan PLTS atap ini, misalnya dengan mengeluarkan kebijakan atau peraturan daerah yang mendukung pemanfaatan PLTS.

"Misalnya pemerintah daerah bisa keluarkan aturan apabila ada pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang di atas lahan 200 m2 itu wajib memasang PLTS atap. Misalnya 60 persen dari kapasitas listriknya yang dia berlangganan dengan PLN. Nah kalau kebijakan ini bisa dilakukan, saya kira bisa jalan," tutur Jonan.

3. Kementerian ESDM berkomitmen meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) yang lebih ramah lingkungan

Menteri Jonan Sarankan Badan Usaha dan Masyarakat Pasang PLTS Atap IDN Times/Ezri TS

Pengembangan dan pengoptimalan pemanfaatan PLTS dengan memanfaatkan ruang terbuka termasuk atap juga dapat mengajak para pengembang perumahan bekerja sama, yakni dengan membangun rumah baru yang terinstalasi PLTS atap di masing-masing atap rumahnya.

"Provider PLTS juga bekerja sama dengan REI, misalnya jika membangun rumah baru bisa memasang PLTS pada atapnya, bisa lagi karena harganya masih belum terlalu murah, sebaiknya bekerja sama dengan perbankan jadi satu KPR-nya," tutur Jonan.

Pengembangan dan pemanfaatan PLTS merupakan bagian dari komitmen untuk meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) yang lebih ramah lingkungan dalam bauran energi nasional sebesar 23 persen pada 2025. 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya