Menteri Jonan: 2019 ESDM Bangun 21 Ribu Penerangan Jalan Tenaga Surya 

Infrastruktur ini kurangi polusi dan angka kriminalitas

Kementerian ESDM terus membangun Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS). Setelah 2018 mendirikan 21839 PJU-TS di 26 provinsi dan 166 kabupaten/kota, tahun ini Kementerian ESDM akan membangun sekitar 21 ribu titik PJU-TS di seluruh Indonesia. Nantinya, Jawa Barat akan mendapatkan 2.400 titik PJU-TS.

Hal ini dikatakan Menteri ESDM Ignasius Jonan saat menyerahkan infrastruktur PJU-TS secara simbolis pada Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya, di Pondok Pesantren Miftahul Huda 4, Desa Ciaruten Ilir, Bogor, Rabu (20/3/2019).

1. Jawa Barat dapat porsi besar infrastruktur ini

Menteri Jonan: 2019 ESDM Bangun 21 Ribu Penerangan Jalan Tenaga Surya IDN Times/EBTKE

"Dari 21.839 titik di seluruh Indonesia, Jawa Barat mendapatkan 2.230 titik PJU-TS pada tahun 2018. Jadi lebih dari 10 persen di Jawa Barat. Pemerintah menaruh perhatian besar ke Jawa Barat mengingat warga Jawa Barat ini jumlahnya besar sekali, di Kabupaten Bogor saja 5,8 juta," ungkap Jonan.

2. Pemerintah bangun infrastruktur sesuai kebutuhan masyarakat

Menteri Jonan: 2019 ESDM Bangun 21 Ribu Penerangan Jalan Tenaga Surya IDN Times/EBTKE

Menteri Jonan mengatakan bahwa pemerintah membangun infrastruktur sesuai dengan kebutuhan rakyat.

"Seperti PJU-TS ini, yang paling penting itu adalah supaya kita bisa melayani masyarakat dalam bidang penerangan tanpa menimbulkan tambahan polusi dan tidak ada tagihan listriknya," ungkap Jonan.

3. Pemerintah ajak masyarakat jaga dan pelihara infrastruktur

Menteri Jonan: 2019 ESDM Bangun 21 Ribu Penerangan Jalan Tenaga Surya IDN Times/EBTKE

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan bahwa Kabupaten Bogor mendapatkan 900 titik PJU-TS yang akan didayagunakan di 176 desa di 30 kecamatan yang ada.

"Sebagaimana diketahui, selain bermanfaat dalam meningkatkan kenyamanan dan ketenangan masyarakat dalam beraktivitas, efisiensi penggunaan dana daerah karena tidak perlu membayar listrik ke PLN. PJU-TS juga dapat menurunkan angka kriminalitas," tutur Iwan.

Iwan pun mengajak kepada masyarakat untuk turut memelihara dan menjaga PJU-TS dengan sebaik-baiknya agar dapat bermanfaat dalam jangka panjang.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya