Kedubes Australia Gelar Halal Bihalal untuk Pererat Persahabatan 

Alumni Australia di Indonesia lebih dari 200 ribu orang 

Jakarta, IDN Times - Kedutaan Besar (Kedubes) Australia menggelar acara halal bihalal (open house) untuk para alumni Australia di Indonesia pada Rabu (24/4/2024). Acara ini diselenggarakan dalam rangka mempererat komunitas Indonesia-Australia sekaligus merayakan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara. 

“Senang sekali saya menyambut kalian hari ini untuk merayakan hubungan kita. Australia sangat bangga dengan komunitas alumni kita di Indonesia dan peran penting yang mereka mainkan di tempat kerja, organisasi, ataupun komunitas lokal,” kata Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia, Penny Williams.

Hal tersebut dia ungkapkan saat membuka acara yang diadakan di kediaman resminya di Gondangdia, Jakarta Pusat.  

Selain Penny, acara tersebut dihadiri oleh sejumlah alumni Australia di Indonesia. Di antaranya adalah Herawati Sudoyo, peneliti DNA forensik dari Lembaga Eijkman, dan Lies Marcoes, peneliti dan pakar gender. 

Baca Juga: 2.583 Ekor Sapi Impor dari Australia Tiba di Indonesia

1. Silaturahmi penting untuk mempererat persahabatan

Kedubes Australia Gelar Halal Bihalal untuk Pererat Persahabatan Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams, Rabu (24/4/2024) (IDN Times/Amara Zahra)

Penny menyampaikan, dia sangat senang dapat menyambut tamu dan para alumni untuk melaksanakan halal bihalal. Acara seperti ini sudah menjadi tradisi bagi Kedubes Australia dari tahun ke tahun. 

Saat membuka acara, Penny menggarisbawahi satu hal penting yang dia pelajari selama berada di Indonesia dari muda hingga sekarang. 

“Minggu-minggu setelah bulan suci Ramadan adalah kesempatan unik untuk melakukan refleksi terhadap masyarakat,” katanya. 

Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya untuk melakukan kegiatan silaturahmi untuk mempererat persahabatan dalam sebuah komunitas. 

2. Alumni Australia di Indonesia lebih dari 200 ribu orang

Kedubes Australia Gelar Halal Bihalal untuk Pererat Persahabatan (Ki-Ka) Hera Sudoyo, Uni Lubis, dan Lies Markoes, tiga anggota Alumni Australia di acara Halal Bihalal Kedutaan Besar Australia, Rabu (24/4/2024) (IDN Times/Amara Zahra)

Komunitas alumni Australia di Indonesia berjumlah lebih dari 200 ribu orang, terdiri dari berbagai ilmuwan dan pemimpin yang luar biasa. Oleh karena itu, Penny sangat bahagia dapat menggelar acara ini untuk mengapresiasi upaya mereka dalam membawa perubahan dalam komunitas mereka dan membentuk masa depan Indonesia. 

Dia menyampaikan, Kedubes Australia telah merayakan 70 tahun program beasiswa Australia dan komunitas Alumni Australia di Indonesia tahun lalu. 

“Dan dengan memilih Australia sebagai tujuan studi Anda, Anda masing-masing telah memainkan peran yang sangat penting dan membina hubungan antar kedua negara kita,” tambahnya. 

Baca Juga: 75 Tahun Hubungan RI-Australia Hadirkan Kolaborasi Mural Lintas Negara

3. Kedubes Australia hadirkan kolaborasi seni lintas negara

Kedubes Australia Gelar Halal Bihalal untuk Pererat Persahabatan Kolaborasi logo dan mural 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Australia

Untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia, Kedubes Australia telah mengadakan sebuah kolaborasi seni mural lintas negara. Proyek ini melibatkan dua seniman yang sangat berbakat, yakni Age “Tutu” Airlangga dari Indonesia dan George Rose dari Australia. 

Mural yang berjudul “Together” ini sudah ditampilkan di Taman Ismail Marzuki sejak 28 Maret 2024. Karya ini merupakan pencerminan kesinambungan relasi Indonesia dan Australia. 

Tidak hanya itu, Kedubes Australia juga merencanakan serangkai acara lainnya untuk merayakan milestone 75 tahun ini, seperti festival Sinema Australia Indonesia, festival kuliner Taste of Australia, pameran sejarah, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Indonesia dan Australia Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik 2 Negara

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya