Hostel Terbakar di Selandia Baru, 6 Orang Tewas 

Puluhan orang belum ditemukan

Jakarta, IDN Times - Kebakaran hebat terjadi di sebuah hostel di ibu kota Wellington, Selandia Baru, Selasa (16/5/2023) dini hari waktu setempat. Sedikitnya enam orang dilaporkan tewas dan 52 orang lainnya masih dalam proses pencarian.

"Ini sangat tragis. Saya menyampaikan belasungkawa mendalam untuk mereka yang kehilangan orang-orang yang mereka cintai," kata Komandan Pemadam Kebakaran dan Kedaruratan setempat, Nick Pyatt, seperti dikutip dari BBC, Selasa (16/5/2023).

1. Tragedi besar dalam satu dekade terakhir

Hostel Terbakar di Selandia Baru, 6 Orang Tewas Ilustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Nick Pyatt mengatakan peristiwa kebakaran ini terjadi sekali sepanjang satu dekade terakhir di ibu kota Wellington. Menurut dia, kebakaran yang terjadi di gedung yang memiliki 92 kamar itu merupakan salah satu peristiwa tragis yang terjadi di kota tersebut.  

Baca Juga: PM Selandia Baru Dukung Negaranya Keluar dari Persemakmuran Inggris

2. Sebanyak 20 unit truk pemadam kebakaran dikerahkan

Hostel Terbakar di Selandia Baru, 6 Orang Tewas Ilustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

The Strait Times melaporkan sedikitnya 20 unit truk pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadam api. Selain itu juga ada 80 petugas yang terus berupaya memadam kobaran api.

Wakil Komandan Nasional Pemadam Kebakaran dan Darurat, Brendan Nally, mengatakan petugas terus berusaha untuk menyelamatkan korban yang terjebak di dalam gedung tersebut.

“Mereka mengambil beberapa orang dari atas atap dari area tepat di atas api," kata dia.

3. Peristiwa itu adalah mimpi buruk bagi ibu kota Wellington

Hostel Terbakar di Selandia Baru, 6 Orang Tewas Sejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran di Pasar Sentral, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022) malam. Abriawan Abhe

Nick Pyatt kepada BBC menyatakanh hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Namun, aparat kepolisian setepat terus melakukan menyelidiki apakah api sengaja dinyalakan.

“Ini benar-benar tragedi dan Anda tahu, Wellington adalah komunitas kecil yang erat," katanya.

Baca Juga: Selandia Baru Buat Kampanye Love Better untuk Remaja yang Putus Cinta

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya