TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Putra Mahkota Saudi: Masjid Quba Akan Diperbesar Hingga 10 Kali Lipat

Luasnya diperkirakan hingga 50 ribu meter persegi

Masjid Quba (Instagram/m.uae07)

Jakarta, IDN Times - Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad SAW pada 8 Rabiul Awal, 1 Hijriyah. Letak masjid tersebut berada sekitar lima kilometer dari Masjid Nabawi. 

Belakangan ini, Masjid Quba direncanakan akan diperbesar hingga sepuluh kali lipat, ujar putra mahkota Arab Saudi mengumumkan pada Kamis (07/04/2022) waktu setempat. 

Proyek baru ini akan membuat Masjid Quba mengalami perkembangan terbesar dalam sejarahnya, yaitu meluas hingga 50 ribu meter persegi.

Baca Juga: Survei: 40 Persen Rakyat RI Percaya Presiden Putin dan Pangeran Salman

1. Tujuan renovasi ini adalah untuk menambah kapasitas sebesar 66 ribu jemaah

Masjid Quba adalah masjid pertama dalam sejarah Islam dan masjid pertama yang dibangun di Madinah. Berstatus juga sebagai masjid pertama yang dibangun Rasulullah, masjid ini memiliki daya tarik khusus bagi umat Islam, baik di Arab Saudi maupun luar negeri.

Banyaknya umat Islam yang berkunjung ke masjid ini membuat Kerajaan Arab Saudi berpikir untuk melakukan perluasan. Dilansir Arab News, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masjid menjadi 66 ribu jemaah.

Putra Mahkota Kerajaan Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), mengatakan proyek tersebut berusaha untuk mengakomodasi jumlah jemaah dalam skala besar dalam waktu tertentu. Pembangunan proyek ini juga akan mempertimbangkan gaya arsitekturnya.

2. Diumumkan ketika MBS mengunjungi Madinah

Presiden Mesir Al-Sisi dengan Putera Mahkota Mohammed bin Salman (twitter.com/Saudi_Gazette)

Pada Kamis (7/4/2022), MBS memang memiliki agenda untuk mengunjungi Kota Madinah. Selama kunjungannya ke Madinah, MBS dikabarkan beribadah di Masjid Nabawi.

Dia juga berdoa di Raudah, tempat yang terletak di antara kamar Nabi Muhammad dan mimbar di Masjid Nabawi.

Putra Mahkota didampingi langsung oleh Pangeran Faisal bin Salman yang merupakan Gubernur Madinah.

Sambil ditemani juga oleh beberapa pejabat senior setempat, MBS juga mengunjungi dan berdoa di Masjid Quba di Madinah. Dia kemudian menemui ulama terkemuka dan sekelompok warga yang datang untuk menyambutnya di Istana Taiba, Madinah.

Baca Juga: 7 Peninggalan Berharga Nabi Muhammad SAW di Kota Madinah

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya