TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Turki dan Pakistan Tutup Perbatasan dengan Iran karena Virus Corona

8 tewas dan 43 terinfeksi virus corona di Iran

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei tiba untuk memberikan suara di tempat pemungutan suara dalam pemilihan parlemen di Tehran, Iran, pada 21 Februari 2020. ANTARA FOTO/Official Khamenei website/Handout via REUTERS

Ankara, IDN Times - Turki dan Pakistan menutup perbatasan dengan Iran setelah Tehran melaporkan ada 43 kasus virus corona baru atau COVID-19 dan delapan orang meninggal karenanya. Turki bahkan menghentikan penerbangan dari Iran untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

"Kami telah memutuskan untuk menutup perbatasan sementara waktu setelah ada peningkatan jumlah kasus [virus corona] di negara tetangga kami, Iran," kata Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca, seperti dikutip Deutsche Welle pada Minggu (23/2). 

1. Transportasi melalui darat berhenti total, sedangkan penerbangan ke Iran masih bisa berlanjut

Seorang petugas menggunakan masker pelindung di depan pusat perbelanjaan untuk memeriksa suhu tubuh pengunjung di Pusat Distrik Bisnis setelah mewabahnya virus corona, di Beijing,Tiongkok, pada 22 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Koca mengatakan kepada para wartawan bahwa pemerintahnya "merasa waspada" karena wabah virus corona di Iran dan terpaksa mengambil langkah tersebut. Ia juga mengungkap Turki telah berbicara dengan otoritas di Iran mengenai keputusan itu.

Transportasi melalui jalur darat, termasuk kereta api, antara kedua negara dihentikan mulai Minggu pukul 17.00 waktu Turki. Sementara itu, penerbangan dari Iran ke Turki berhenti mulai pukul 20.00 pada hari yang sama, sedangkan dari arah sebaliknya masih bisa berlanjut.

2. Pakistan mengikuti Turki, Afganistan hentikan penerbangan

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei tiba untuk memberikan suara di tempat pemungutan suara dalam pemilihan parlemen di Tehran, Iran, pada 21 Februari 2020. ANTARA FOTO/Official Khamenei website/Handout via REUTERS

Tak berapa lama setelah Ankara mengumumkan penutupan perbatasan, Pakistan pun mengikutinya. "Kami telah menutup perbatasan dengan Iran karena adanya laporan virus corona di sana," kata Ayesha Zehri, seorang pejabat senior di pemerintahan Pakistan. 

Begitu juga dengan Afganistan yang memberitahu publik soal keputusan itu lewat Twitter. "Untuk mencegah penyebaran #viruscorona baru dan melindungi publik, Afganistan menghentikan sementara semua pergerakan penumpang (udara dan darat) dari dan ke Iran. Penghentian sementara juga termasuk impor produk-produk unggas (telur dan ayam) dari Iran dan Pakistan," tulis Dewan Keamanan Nasional Pakistan.

Baca Juga: Update Virus Corona: 2.470 Jiwa Meninggal, 79.157 Orang Terinfeksi

Verified Writer

Bianca Nazanin

typing...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya