TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kuda Nil Peliharaan Pablo Escobar Ancam Perairan Kolombia

Ditakutkan populasinya semakin tak terkendali

Kuda nil di Taman Nasional Serengeti, Tanzania. instagram.com/travel_africa.official/

Bogota, IDN Times - Meskipun sudah meninggal sejak tahun 1993, gembong narkoba terkenal Pablo Escobar tetap memiliki pengaruh besar di Kolombia. Hal ini terkait dengan kuda nil yang dibawa dalam kebun binatang pribadi miliknya yang terletak di pinggiran kota Medellin. 

Namun hingga kini kuda nil milik gembong narkoba tersebut melarikan diri dan disebut sudah berkembang biak dengan cepat. Akibatnya Pemerintah Kolombia membuat wacana untuk memusnahkan kuda nil tersebut demi melindungi ekosistem asli di Kolombia. 

1. Kuda nil sudah menyebar di sekitar Sungai Magdalena

Pemandangan Sungai Magdalena di Kolombia. instagram.com/jessi_reina/

Kuda nil peliharaan bos narkoba Pablo Escobar yang melarikan dari kebun binatang pribadi miliknya bernama Hacienda Napoles kini sudah menyebar di sekitar wilayah Antiquoia. Bahkan diketahui bahwa sudah menyebar di sekitar 160 km sebelah Timur kota Medellin, tepatnya di sekitar aliran Sungai Magdalena. 

Kuda nil dari Afrika yang didatangkan secara ilegal tersebut sukses untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tropis di Kolombia. Namun dikhawatirkan binatang eksotis tersebut dapat menganggu lingkungan sekitar serta keamanan manusia, dilansir dari CNN

Baca Juga: 5 Hal Menarik dari Kuda Nil, Hewan Berwajah Lucu yang Ganas

2. Kuda Nil di Kolombia hingga 100 ekor

Sekelompok kuda nil di Botswana. instagram.com/thedemandingtraveler/

Melaporkan dari Daily Mail,  empat ekor kuda nil yang sebelumnya melarikan diri dari kebun binatang pribadi Pablo Escobar di Medellin, Kolombia kini sudah berkembang biak dengan konsisten. Bahkan hingga kini diperkirakan sudah terdapat sekitar dari 100 ekor kuda nil yang mendiami area pinggir sungai. 

Naiknya populasi kuda nil tersebut disebabkan tidak adanya predator alaminya dan dikhawatirkan membuat populasinya tidak terkontrol. Menurut sejumlah penelitian diprediksi pada tahun 2040, populasi kuda nil di Kolombia bisa meningkat hingga 1500 ekor. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Afrika yang Hobi Berendam

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya